Biasakan Anak Menabung Sejak Dini

Menabung adalah salah satu sarana mengajarkan anak untuk merencanakan masa depan.

Penulis: Yudha Kristiawan | Editor: Hari Susmayanti
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Beberapa produk celengan karakter hasil kreasi dari Gunawan yang terbuat dari tempurung kelapa. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menabung adalah salah satu sarana mengajarkan anak untuk merencanakan masa depan.

Menabung dalam bentuk uang setelah rentang waktu tertentu lalu kemudian mengambilnya dan menggunakannya untuk hal hal positif adalah cara sederhana mengajarkan anak untuk berhemat.

Hal ini diungkapkan Era Amalia, perempuan yang berprofesi sebagai seorang bankir dan ibu satu anak ini.

Menurut Era, membiasakan anak menabung dalam bentuk uang merupakan langkah yang tepat melatih anak berhemat. Menabung bisa dilakukan secara manual di rumah maupun di bank.

Era sendiri selain membiasakan puteri semata wayangnya menabung harian di rumah menggunakan celengan, selain itu ia juga mengajak anaknya mengenalkan menabung di bank sejak dini.

Metamorfosis Astrea Star menjadi C70

"Hunting produk tabungan anak yang menarik, aku bukain tabungan anak yang di kartu ATM nya bisa ada foto anaknya. Anak jadi tertarik dan antusias, cara ini bisa dilakukan sehingga anak lebih mudah diajak menabung," kata Era.

Di rumah, Era juga membiasakan anaknya menabung secara konvensional. Ia membelikan celengan karakter sesuai yang disukai anaknya. Agar anak tertarik untuk menabung setiap hari, Era menuliskan keinginan si anak terhadap hasil tabungan tersebut.

Misalnya si anak ingin menggunakan hasil tabungan untuk membeli mainan atau baju baru, keinginan tersebut ditulis dan ditempel di celengan tersebut. Cara tersebut sejauh ini menurut Era sukses membuat anak antusias menabung.

Senada diungkapkan Citra Kirana, ibu satu anak ini juga membiasakan anak menabung sejak anaknya duduk di mau Taman Kanak Kanak. Setiap hari Citra memberi contoh anaknya menabung seperti iuran harian di komplek perumahannya.

Ciptakan Produk Diet dari Pengalaman Pribadi

Menabung harian meskipun tak terasa bisa lebih banyak hasilnya dibanding menabung mingguan atau bulanan. Meskipun setiap hari hanya menabung sisa uang saku sekolah, misalnya Rp 1000, menurut Citra lebih efektif.

"Sekarang sudah SD, setiap hari anak sudah terbiasa menyisakan uang sakunya untuk ditabung. Jadi sudah otomatis belajar hemat menggunakan uang saku," kata Citra.

Tips Mengajarkan Anak Menabung

Beragam cara bisa dilakukan agar anak terbiasa menabung sejak dini. Salah satunya adalah menabung secara konvensional di rumah. Celengan menjadi media yang pas untuk anak. Banyaknya celengan karakter bisa dipilih agar anak tertarik menabung.

Sembari mengajak menabung, anak-anak bisa lebih dulu dikenalkan nominal uang dan fungsi menabung. Hal ini ada baiknya dilakukan agar anak mengerti jumlah uang yang ditabung.

Selanjutnya bisa menerangkan dengan bahasa yang paling sederhana soal apa itu menabung. Misalnya menerangkan bila ingin memiliki mainan yang diinginkan bisa dengan mengumpulkan uang dulu setelah sebulan baru dihitung hasilnya.

Bohemian Midnight Shopping di Hartono Mall Beri Diskon hingga 70 Persen

Menjanjikan memberikan hadiah pada anak agar mau menabung juga bisa dilakukan agar anak memiliki rencana sederhana. Misalnya bila dalam waktu enam bulan celengan sudah penuh,maka akan diberikan hadiah mainan.

Untuk anak yang sudah menginjak bangku SD bisa mulai dilatih mengatur keuangan sendiri dengan cara memberikan uang saku harian dan bulanan.

Hal ini bila dilakukan sejak dini bisa mengajarkan anak mengatur pola keuangan meskipun dalam bentuk yang sangat sederhana. (Tribunjogja I Yudha Kristiawan)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved