Kota Yogyakarta

Tradisi Uang Baru dan Amplop Masih Bertahan

Penting karenanya pelayanan penukaran uang baru yang dilakukan BI beserta perbankan lain bisa menyentuh masyarakat.

Tradisi Uang Baru dan Amplop Masih Bertahan
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menunjukkan uang baru pecahan Rp 20 ribu sampai Rp 1 ribu. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan bahwa selama ini banyak beredar berita terkait kasus penukaran uang yang palsu maupun jumlahnya yang tidak sesuai.

Penting karenanya pelayanan penukaran uang baru yang dilakukan BI beserta perbankan lain bisa menyentuh masyarakat.

"Perputaran uang ini sebenarnya berlangsung sejak masuknya bulan Ramadan. Uang beredar di masyarakat dan di sekitar Masjid karena yang masak ibu-ibu. Uang juga beredar menjelang lebaran karena zakat. Peredaran lain karena sungkeman, kalau uangnya nggak uang baru nggak mantep. Yang bagi juga kurang mantep. Yang bagi ingin uang baru dan yang nerima uang baru," bebernya, seusai membuka acara layanan penukaran uang baru di Ipda Tut Harsono, Kamis (16/5/2019).

Tukar Uang Baru Lebih Mudah dan Dekat

Selanjutnya, ia mengatakan saat ini adalah zamannya uang non tunai.

Namun ada pengecualian untuk Idul Fitri yang hingga saat ini masih mempertahankan berbagi uang baru yang dibungkus dalam amplop.

"Kurang mantep kalau ngasih nggak tunai. Ada yang uangnya nggak cukup, tapi mau nggak mau harus berbagi. Kalau pulang kampung nggak mungkin tidak bawa apa-apa," urai Heroe.

Ia lantas menjelaskan, momen Idul Fitri ini juga membuat peredaran uang di desa-desa semakin tinggi karena uang yang masuk dari perantau yang kembali untuk pulang kampung juga tinggi.

"Kesempatan tersebut menjadi momen pemerataan sebaran uang. Memang tidak sehari dua hari, mungkin berbulan-bulan, tapi pemerataan itu akan terjadi," tandasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved