Kulon Progo

Pantau Stok Bawang di Kulon Progo, Petugas TPID DIY Kecele, Distributor Sudah Pulang

Pantau Stok Bawang di Kulon Progo, Petugas TPID DIY Kecele, Distributor Bawang Sudah Pulang

Pantau Stok Bawang di Kulon Progo, Petugas TPID DIY Kecele, Distributor Sudah Pulang
cookinglight.com
ilustrasi bawang putih 

TRIBUNJOGJA.COM - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY memantau perkembangan harga dan ketersediaan stok bahan pokok strategis di Kulon Progo, Kamis (16/5/2019).

Lokasi yang dituju antara lain Pasar Bendungan Wates dan kelompok tani Gisik Pranaji di Bugel, Panjatan.

Anggota tim sempat kecele ketika hendak memantau stok bawang di Pasar Bendungan. Pasalnya, pihak distributor ternyata sudah pergi dan tak ada di tempat sehingga pemantauan itu gagal dilakukan.

Pimpinan tim TPID DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan pantauan ini untuk mengetahui kecukupan stok bahan pokok dan harganya di lapangan saat bulan puasa dan jelang Idul Fitri.

Harapannya, tidak terjadi lonjakan harga yang signifikan ketika masuk hari raya. Pemantauan sebelumnya juga telah dilaksanakan di Gunungkidul dan Bantul sedangkan pada hari itu menyasar Sleman dan Kulon Progo.

Bisnis Jasa Pengiriman Naik 30 Persen

Pencuri Rp505 Juta di Wates merupakan Komplotan Kriminal Lintas Provinsi

"Tadi pagi kami ke Sleman dan mendapati harga telur serta daging ayam relatif aman. Lalu kami lanjutkan ke Kulon Progo untuk pantau stok dan harga cabai serta bawang namun distributor bawang sudah pergi sehingga pemantauan urung dilakukan," jelas Dwipanti yang juga Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda DIY itu.

Terkait cabai, pihaknya mendapat informasi adanya pasar lelang di Kulon Progo di mana masa tanam pertama dan puncak masa panennya di akhir Mei hingga awal Juni dengan besaran stok bisa mencapai 2 ton. Adapun persediaan barang untuk Lebaran dalam pantauannya masih tercukupi serta harga di tingkat distributor masih relatif stabil.

"Harga saat ini tidak terlalu tinggi, di kisaran Rp13.000 per kilogram. Bahkan, harga di tingkat distributor saat Lebaran bisa sedikit menurun," kata Dwipanti. (Tribunjogja I Singgih Wahyu)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved