Bisnis

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat akan Diturunkan, Ini Persentasenya

Kenaikan tarif pesawat dalam negeri tercatat ssejak akhir Desember 2018 dan tarif ini tidak kunjung turun setelah 10 Januari 2019.

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat akan Diturunkan, Ini Persentasenya
Kompas.com/YOGA SUKMANA
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution dalam konferensi pers, Jakarta, Kamis (25/4/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Tarif batas atas tiket pesawat telah diputuskan oleh Pemerintah untuk diturunkan sebesar 12-16 persen.

Namun penurunan tarif baru berlaku setelah 15 Mei 2019.

"Hal ini dilakukan pemerintah, bukan hanya memerhatikan pihak maskapai, tetapi juga konsumen sebagai masyarakat,” ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Penurunan 12 persen ini akan dilakukan pada rute-rute gemuk seperti rute-rute di daerah Jawa sedangkan penurunan lainnya dilakukan pada rute-rute seperti rute penerbangan ke Jayapura.

Darmin mengatakan, pemerintah mencatat adanya kenaikan tarif pesawat penumpang udara oleh para perusahaan maskapai penerbangan.

Penjualan OTA Turun, Dampak Tarif Tiket Pesawat Mahal

Kenaikan tarif pesawat dalam negeri tercatat ssejak akhir Desember 2018 dan tarif ini tidak kunjung turun setelah 10 Januari 2019.

Darmin mengatakan, hal ini dirasakan oleh masyarakat terutama saat menjelang musim lebaran dan teridentifikasi merupakan isu yang berskala nasional.

Keputusan penurunan Tarif Batas Atas akan berlaku efektif sejak ditandatanganinya Peraturan Menteri Perhubungan dengan target tanggal 15 Mei 2019 dan akan dievaluasi secara kontinu berdasarkan regulasi yang berlaku.

Pemerintah Segera Turun Tangan Atur Harga Tiket Pesawat

Ia meminta, kementerian atau lembaga dan Badan Usaha terkait untuk terus mendukung evaluasi industri penerbangan nasional secara berkala sehingga potensi masalah atau isu dapat senantiasa diidentifikasi lebih awal.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tarif Batas Atas Tiket Pesawat akan Diturunkan 12-16 Persen"
Penulis : Yoga Sukmana
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved