Pemilu 2019

E-Voting Bisa Jadi Alternatif Pemilu di Masa Mendatang

Banyak KPPS kelelahan di Pemilu 2019, e-voting dinilai menjadi terobosan untuk Pemilu mendatang.

E-Voting Bisa Jadi Alternatif Pemilu di Masa Mendatang
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawetri
Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wacana terkait e-voting dalam Pemilu selanjutnya dinilai merupakan terobosan yang baik mengingat pada Pemilu 2019 ini ratusan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan pihak terkait mengalami sakit hingga meninggal karena kelelahan.

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan menjelaskan bahwa meski akan mempermudah kinerja penyelenggara Pemilu, namun dibutuhkan beberapa langkah yang harus disiapkan sebelum menerapkan e-voting tersebut.

"E-voting menggunakan alat agar KPPS tidak kelelahan saat penghitungan suara. Tapi banyak yang harus disiapkan dulu, misal dari sisi regulasi karena Undang-Undang yang sekarang tidak mengakomodir itu," jelasnya, Kamis (9/5/2019).

Mencicipi Bakpia Premium dan Nasi Pedas Ala Kenes Resto & Bakery

Konsekuensi yang lain, tambahnya, yakni permasalahan teknis seperti apakah e-voting bisa diterapkan di seluruh daerah yang ada di Indonesia karena e-voting membutuhkan jaringan dan juga sarana dan prasarana yang mendukung.

"Selanjutnya yakni terkait trust atau kepercayaan. Kalau beberapa hal tadi bisa diatasi, maka benar e-voting menjadi alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi kelelahan petugas," ungkapnya.

Hingga kemarin, Hamdan menjelaskan bahwa total pejuang demokrasi yang meninggal selama Pemilu 2019 di DIY mencapai 12 orang dan 52 orang mengalami sakit.

Dari 12 orang yang meninggal terdiri dari 7 KPP, 3 Linmas, 1 PPK, dan 1 PPS.

"Ada beberapa yang sangat mengurusi lkogistik yakni H-1 sudah merasa tidak enak badan sehingga hari H tidak ikut bertugas dan justru mauk rumah sakit dan meninggal dunia," jelas Hamdan.

Selain itu, meski telah diatur secara gamblang dalam Peraturan KPU tentang pembagian tugas KPPS yang berbeda porsinya, tidak menutup keungkinan bahwa pembagian tugas belum merata.

Pemilu Lancar, HS Minta Masyarakat Menahan Diri

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved