Penampakan Bibit Siklon Tropis di Laut Banda, Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia Timur

bibit siklon tropis dengan kode 93S terpantau berada di Laut Banda sebelah selatan Maluku, tepatnya di sekitar 6.9 °LS 128.5°BT.

Penampakan Bibit Siklon Tropis di Laut Banda, Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia Timur
www.bmkg.go.id
BMKG merilis informasi muncul bibit siklon tropis berada di Laut Banda sebelah selatan Maluku, tepatnya di sekitar 6.9 °LS 128.5°BT, Selasa (7/5/2019) malam. 

Penampakan Bibit Siklon Tropis di Laut Banda, Waspada Cuaca Ekstrem

TRIBUNJOGJA.COM ----- BMKG merilis informasi muncul bibit siklon tropis berada di Laut Banda sebelah selatan Maluku, tepatnya di sekitar 6.9 °LS 128.5°BT, Selasa (7/5/2019) malam.

Melansir Informasi BMKG di laman Facebook resminya, pada 2 hari terakhir, bibit siklon tropis dengan kode 93S terpantau berada di Laut Banda sebelah selatan Maluku, tepatnya di sekitar 6.9 °LS 128.5°BT.

Berikut hasil pantauan BMKG, diketahui bibit siklon tropis tersebut memiliki kecepatan angin maksimum di pusatnya mencapai 25 knot dan tekanan minimum hingga 1006 hPa.

Bibit siklon ini diprediksi akan menguat dan mencapai intensitas siklon tropis dalam 24 - 48 jam kedepan.

Adapun pergerakannya mengarah ke Selatan-Barat Daya (menjauhi wilayah Indonesia).

Keberadaan bibit siklon Tropis 93S diprakirakan akan mengakibatkan kondisi cuaca buruk di beberapa wilayah di Indonesia, antara lain :

- Hujan dengan intensitas sedang - lebat* berpeluang terjadi di wilayah Maluku bagian tenggara, dan NTT bagian timur.

- Angin dengan kecepatan diatas 25 knot atau 48 km/jam* berpeluang terjadi di NTT, Maluku, dan Papua bagian selatan.

- Gelombang dengan ketinggian 1.25 - 2.50 m* berpeluang terjadi di Perairan selatan Ambon, Perairan selatan Kep. Kei - Kep. Aru, Perairan utara Kep. Tanimbar, Laut Arafuru bagian timur, Perairan barat Yos Sudarso.

- Gelombang dengan ketinggian 2.50 - 4.0 m* berpeluang terjadi di Laut Banda bagian utara, Perairan Kep. Babar - Kep. Tanimbar, Laut Arafuru bagian tengah.

- *Gelombang dengan ketinggian 4.0 - 6.0 m* berpeluang terjadi di Laut Banda bagian selatan, Perairan Kep. Sermata - Kep. Letti, Laut Arafuru bagian barat.

Halaman
123
Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved