Pemilu 2019

BPN DIY dan TKD KIK Sama-sama Masih Menunggu Hasil Resmi dari KPU

Kini, tahap yang sedang berjalan ada proses rekap penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk didapat hasil pasti.

BPN DIY dan TKD KIK Sama-sama Masih Menunggu Hasil Resmi dari KPU
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 2019 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Proses pemungutan suara melalui Pemilu serentah di seluruh wilayah Indonesia telah selesai dilakukan pada Rabu (17/4/2019) kemarin.

Kini, tahap yang sedang berjalan ada proses rekap penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk didapat hasil pasti.

Di DIY, kedua pihak baik dari kubu Capres dan Cawapres Joko Widodo - Ma’Ruf Amin maupun Prabowo - Sandiaga Uno nampak satu suara untuk menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU.

Fokus keduanya juga hasil penghitungan suara untuk Capres - Cawapres, belum sampai tingkat caleg masing-masing.

Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) DIY Prabowo - Sandi, Dharma Setiawan mengatakan, timnya saat ini masih sibuk bergerak untuk ikut mengawal proses penghitungan suara.

Fokusnya, adalah penghitungan suara untuk kategori Capres dan Cawapres yang pada Jumat (19/4/2019) hari ini rencananya di tingkat kecamatan.

Tingkat Partisipasi Masyarakat Kulon Progo di Pemilu 2019 Capai 86 Persen

“Kita masih pantau hasil penghitungan suara. Terdekat ya tahap kecamatan besok (hari ini-red). Setelah itu baru kita tahy. Kalau jumlah caleg Gerindra yang berhasil maju ke kabupaten, provinsi maupun pusat saya belum bisa memastikan. Tapi prediksi kami lebih banyak dari (periode) sebelumnya,” kata Dharma.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan DIY sekaligus Ketua Tim Kampanye Daerah Koalisi Indonesia Kerja (TKD KIK) DIY, Bambang Praswanto mengatakan, pihaknya kini juga lebih memilih fokus untuk memantau hasil rekapitulasi suara resmi dari KPU untuk calon presiden dan wakil presiden.

“Fokus kita ke Pilpres dulu. Belum mengurusi caleg. Ya, kalau bagi kami hasil sementara ini (hitung cepat : quick count) sudah terlihat. Sudah selesai. Tapi tim sedang ikut memantau proses rekap suara sesuai tahapannya. Tentu saja kami ingin semua proses berjalan lancar dan sesuai aturan,” kata Bambang.

Terpisah, Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU DIY, Wawan Budianto menjelaskan, proses rekap penghitungan suara di tingkat provinsi DIY saat ini adalah tahap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Proses rekap di tingkat PPK ini rencananya mulai dilakukan pada Kamis secara serentak di semua kecamatan.

Satu TPS di Magelang Berpotensi Pemungutan Suara Ulang

“Sesuai aturan, saat ini proses rekap suara adalah di tingkat PPK (Kecamatan). Waktu yang nantinya disediakan untuk rekap kecamatan adalag sampai 17 hari ke depan. Setelah itu proses rekap suara di kabupaten/kota lalu berlanjut ke tingkat provinsi sampai ke tingkat nasional nanti sampai 22 Mei,” kata Wawan.

Senada, Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan juga menjelaskan jika proses tahapan rekap suara saat ini adalah di tingkat PPK (Kecamatan).

“Saat ini rekap di tingkat PPK. Target kita bisa selesai sesuai jadwal sampai tingkat kabupaten/kota, lalu tingkat provinsi dan semoga tidak ada kendala berarti,” kata Hamdan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved