Bantul

Beban Sungai Oya Terlalu Besar, Sri Sultan Wacanakan Bangun Embung untuk Atasi Banjir di Bantul

Beban Sungai Oya Terlalu Besar, Sri Sultan Wacanakan Bangun Embung untuk Atasi Banjir di Bantul

Beban Sungai Oya Terlalu Besar, Sri Sultan Wacanakan Bangun Embung untuk Atasi Banjir di Bantul
Tribun Jogja/Amalia Nurul Fathonaty
Gubernur DIY Sri Sultan HB X meninjau daerah terdampak bencana di Imogiri, Bantul, Jumat (22/3/2019) pagi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Gubernur DIY Sri Sultan HB X mewacanakan untuk membuat embung sebagai solusi agar tak terjadi banjir terutama di Sungai Oya.

Ia melihat, Sungai Oya telah menampung beban yang begitu besar telebih saat musim hujan tiba.

"Oya ini bebannya kalau musim hujan itu sangat besar. Satu-satunya cara kalau mau permanen, sebelum (air) mengalir ke sini, dicegah di utara. Bikinkan embung aja, disudet ada (air) yang lari masuk ke embung. Jadi bebannya ke selatan lebih sedikit," ujarnya pada wartawan di sela kunjungan di daerah terdampak bencana di Imogiri, Bantul, Jumat (22/3/2019) pagi.

Baca: AP 1 Yogyakarta Berikan Bantuan untuk Warga Terdampak Bencana di Bantul

Untuk lokasi pembuatan embung, katanya, bisa menggunakan Sultan Ground (SG). "Kita lihat dulu tanah Sultan Ground yang ada di mana," paparnya.

Selain itu, juga diperlukan desain dan perhitungan dalam membuat embung ini. Ia ingin embung tak hanya untuk menampung air hujan saat musim hujan saja, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk irigasi.

Baca: Bangunan Makam Imogiri Perlu Dibangun Talut

"Kira-kira di situ ada sawah yang tidak dioncori, kira-kira ada berapa hektare. Sehingga memerlukan luasan berapa meter persegi untuk menampung berapa, cukup nggak untuk pengairan lahan. Kan harus dihitung dulu," jelasnya.

Lanjutnya, tak seperti Embung Tambakboyo yang berada di Sleman yang tak dimanfaatkan untuk pertanian. Nantinya, embung di Bantul ini juga dapat dimanfaatkan untuk irigasi sawah. "Tapi di sana (Tambakboyo) tidak untuk pertanian. Kalau yang di sini harus bisa untuk pertanian," tuturnya.(tribunjogja)

Penulis: amg
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved