Bantul

8 Tim dari DIY Jateng Ikuti Lomba Ketangkasan Pemadam Kebakaran di Bantul

Lomba ketangkasan Pemadam Kebakaran (Damkar) tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta - Jawa Tengah dilaksanakan di Lapangan Trirenggo

8 Tim dari DIY Jateng Ikuti Lomba Ketangkasan Pemadam Kebakaran di Bantul
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Lomba ketangksan Pemadam Kebakaran (Damkar) tingkat DIY -Jateng di Lapangan Trirenggo, Kabupaten Bantul, Minggu (3/3/2019) siang. 

TRIBUNJOGJA.COM - Lomba ketangkasan Pemadam Kebakaran (Damkar) tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta - Jawa Tengah dilaksanakan di Lapangan Trirenggo, Kabupaten Bantul, Minggu (3/3/2019) siang.

Lomba yang digelar untuk memperingati HUT Damkar ke-100 ini diikuti oleh regu petugas damkar dari perwakilan daerah, seperti kota Yogyakarta, Gunungkidul, Bantul, Sleman, Kulon Progo, Magelang, Purworejo dan Klaten.

Satu persatu dari masing-masing regu ini adu cepat dan kekompakan dalam serangkaian tugas ketangkasan. Di antaranya bagaimana cara memadamkan titik api di lantai dua.

Kemudian berlari menyiapkan tangga. Petugas cekatan naik ke lantai dua, menyelamatkan korban dan membawanya ke titik aman.

Kepala pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto mengatakan lomba ketangkasan bagi petugas pemadam kebakaran sangat penting. Karena ketangkasan adalah modal utama, bagian dari skill, kemampuan dan keahlian petugas untuk mengurangi resiko bencana.

Baca: Peringati HUT Damkar yang ke-100, BPBD Bantul Gelar Lomba Ketangkasan Pemadam Kebakaran

"Ketika terjadi bencana kebakaran yang paling berisiko adalah menentukan titik api dan bagaimana memadamkannya. Setelah api padam, petugas harus sigap menyelamatkan korban dan petugas juga harus selamat," tutur dia.

Dalam lomba ini ada beberapa kriteria penilaian, antara lain sisi ketrampilan, kekompakan dan durasi waktu untuk menyelesaikan tugas ketangkasan.

Tiga juri yang menilai didatangkan dari pemadam kebakaran Gunungkidul, Klaten dan Magelang.(tribunjogja)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved