Bantul

Hingga Awal Maret, Baru Ada 200 Proposal Pengajuan BKK dan P2MD yang Masuk ke Pemkab Bantul

Hingga Awal Maret, Baru Ada 200 Proposal Pengajuan BKK dan P2MD yang Masuk ke Pemkab Bantul

Hingga Awal Maret, Baru Ada 200 Proposal Pengajuan BKK dan P2MD yang Masuk ke Pemkab Bantul
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP2KBPMD) Bantul baru menerima 200 proposal pengajuan bantuan keuangan khusus (BKK) dan program pemberdayaan masyarakat desa (P2MD) tahun 2020.

Dari 200 proposal yang masuk, nilainya mencapai Rp 31miliar. Sementara anggaran yang dialokasikan dari APBD Bantul mencapai Rp52 miliar.

Nilai tersebut masing-masing Rp 27 miliar untuk BKK dan Rp 25 miliar untuk P2MD.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP2KBPMD) Bangun Rahina mengatakan pihaknya sampai saat ini masih menunggu proposal lainnya masuk.

Baca: Ratusan Ormas di Bantul Belum Berizin, Pemkab Imbau Segera Urus Legalitasnya

Baca: Dua Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Pantai Cemoro Sewu Bantul

Pengajuan proposal ini disesuaikan dengan Keputusan Bupati nomor 73 tahun 2019 tentang BKK dan Keputusan Bupati nomor 69 tahun 2019 tentang P2MD. Keputusan tersebut terkait permohonan proposal yang nantinya dilakukan oleh lurah desa.

Kata Bangun, sebelumnya proposal diajukan langsung oleh masyarakat.

"Dulu permohonannya satu-satu dari masyarakat. Sekarang lurah desa yang mengajukan dilampirkan proposal-proposal yang diajukan masyarakat. Dulu hanya registrasi pemerintah desa, kecamatan, langsung ke Bupati. Kemudian dari Bupati dimemo ke DP2KBPMD, yang verifikasi DP2KBPMD," jelas Bangun, Rabu (27/2/2019).

BKK ini paling lambat diajukan 30 April 2019. Dan dalam waktu tersebut sudah diterima Bupati dikirim oleh lurah desa. Anggaran BKK ini dibatasi minimum Rp 20 juta dan maksimal Rp 200 juta setiap proposal. (tribunjogja)

Penulis: amg
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved