OJK Perkuat Kerja Sama dengan Kemendagri dan PPATK

OJK memperkuat tugas dan kewenangannya dengan menjalin kemitraan dengan Kementerian Dalam Negeri dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.

OJK Perkuat Kerja Sama dengan Kemendagri dan PPATK
ist
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

TRIBUNJOGJA.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkuat tugas dan kewenangannya dengan menjalin kemitraan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Kerjasama ini dilakukan dengan tujuan dapat memajukan industri jasa keuangan serta mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan, kolaborasi dengan berbagai pihak mutlak dilakukan dalam upaya mengoptimalkan fungsi dan tugas dalam pengaturan serta pengawasan sektor jasa keuangan dan juga edukasi maupun perlindungan konsumen keuangan.

Nota Kesepahaman OJK dan Kemendagri merupakan pembaruan dari kesepahaman sebelumnya berupa 'Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Dalam Lingkup Tugas OJK' dan juga tentang 'Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Serta Perlingdungan Konsumen Melalui Optimalisasi Peran Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah'.

Baca: Kepatuhan Anggota Dewan Rendah, KPK Akan Gelar Sosialisasi LHKPN di DPRD Gunungkidul

Baca: Kulon Progo Raih Nilai A di SAKIP Award 2018

"Akses data kependudukan sangat penting bagi perkembangan industri jasa keuangan, di antaranya untuk keperluan pembukaan rekening simpanan, pinjaman maupun rekening efek, karena verifikasi data kependudukan menjadi lebih efisien dan akurat," kata Wimboh, Selasa (19/2/2019) lewat keterangan resminya.

Melalui kerjasama ini, OJK berharap bisa mempercepat Bank Pembangunan Daerah (BPD) dalam mengimplementasikan Program Transformasi BPD, antara lain meliputi penguatan organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM), pendalaman produk dan peningkatan kualitas layanan, penerapan tata kelola dan pengendalian risiko, serta pengembangan teknologi dan sistem informasi. (tribunjogja)

Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved