Pendidikan

UGM Jadi Tuan Rumah Kursus Dekan Se-Asia Tenggara

Kegiatan kursus dekan ini sebagai wadah bagi para pemimpin universitas dapat belajar dari satu sama lain.

UGM Jadi Tuan Rumah Kursus Dekan Se-Asia Tenggara
istimewa
UGM menjadi tuan rumah kegiatan kursus Dekan se-Asia Tenggara pada 6-9 Februari 2019 yang dihadiri peserta dan pemateri dari Indonesia, Jepang, Filipina, Malaysia dan Jerman.  

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - UGM menjadi tuan rumah kegiatan kursus Dekan se-Asia Tenggara pada 6-9 Februari 2019 yang dihadiri peserta dan pemateri dari Indonesia, Jepang, Filipina, Malaysia dan Jerman.

Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan kegiatan kursus dekan ini sebagai wadah bagi para pemimpin universitas dapat belajar dari satu sama lain.

Menurutnya pendidikan tinggi tidak hanya mendorong kualitas pendidikan dan pengajaran namun juga bisa merespon perubahan dunia yang begitu cepat.

“Dunia memang berubah dan institusi pendidikan tinggi juga perlu beradaptasi dengan cepat,” kata Rektor dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Rabu (6/2/2019).

Panut menyebutkan perkembangan revolusi industri 4.0 mengubah berbagai aspek kehidupan manusia.

Baca: Mie Setan dan Iblis Hidangan Mie Super Pedas di Yogyakarta

Perubahan tersebut, kata Panut sangat berbeda dibandingakan dengan sepuluh atau lima belas tahun yang lalu.

Ia mencontohkan, layanan taksi dan reservasi hotel secara online tidak dilakukan oleh perusahaan yang sudah mapan namun dilakukan oleh sekelompok anak muda sebagai pendirinya.

Tidak hanya di bidang layanan, dalam lembaga pendidikan menurutnya juga menghadapi dampak serupa dengan adanya revolusi teknologi informasi dan komunikasi.

Ia menambahkan, belum lama ini, Google dan IBM mengumumkan bahwa mereka bersedia mempekerjakan seseorang dengan keterampilan yang baik, walaupun mereka tidak memiliki ijazah dari universitas mana pun.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved