Daftar Peristiwa Ledakan Kembang Api Paling Mematikan dalam Sejarah

Jika tak ditangani oleh profesional, maka ledakan kembang api bisa menjadi sebuah tragedi yang mematikan.

Daftar Peristiwa Ledakan Kembang Api Paling Mematikan dalam Sejarah
facebook.com / Jose Luis Tolentino Juarez via CNN
Cuplikan rekaman ledakan di Pasar Kembang Api di Meksiko, Selasa (20/12) 

TRIBUNJOGJA.com - Pesta kembang api menjadi salah satu atraksi yang paling ditunggu dalam perayaan malam tahun baru. Tapi tahukah kamu, bahwa kembang api juga menyimpan bahaya yang sangat serius. Jika tak ditangani oleh profesional, maka ledakan kembang api bisa menjadi sebuah tragedi yang mematikan.

Contohnya seperti yang terjadi di Sivakasi, India.

Sebuah kembang api meledak di sebuah kuil di negara bagian Kerala, India pada Minggu, 10 April 2016 lalu. Pejabat di selatan Kota Kollam A. Shainamol menyatakan, 98 orang meninggal dan lebih dari 260 orang cidera akibat ledakan tersebut.

Sejarah, Bahan-bahan dan Cara Membuat Kembang Api yang Berwarna-warni

Ledakan terjadi saat berlangsung perayaan di kuil Puttingal di Kerala. Nyala api awalnya terlihat pada pukul 03.15 waktu setempat. Kemudian percikan api menyambar sebuah kembang api sehingga kobaran api semakin besar. "Kuil tersebut tidak mendapat izin untuk perayaan kembang api," kata M.S Santosh, pejabat kepolisian setempat seperti dikutip dari CNN, Minggu (10/4).

Komisaris Polisi Kollam, P Prakash mengatakan, para jemaah merayakan festival kuil. "Ini tidak biasanya bagi orang untuk berdoa di kuil pada pagi hari di India selatan," tuturnya.

10 Tempat Pesta Kembang Api di Yogyakarta saat Malam Tahun Baru 2019

Menurut Prakash, operasi penyelamatan masih berlangsung. Namun, belum bisa dipastikan apakah masih ada korban terjebak di dalam kuil.

Selain di India, ledakan kembang api juga pernah terjadi di Meksiko.

Cuplikan rekaman ledakan di Pasar Kembang Api di Meksiko, Selasa (20/12)
Cuplikan rekaman ledakan di Pasar Kembang Api di Meksiko, Selasa (20/12) (facebook.com / Jose Luis Tolentino Juarez via CNN)

Pada Selasa (20/12/2016) lalu, Pasar San Pablito, sebuah kawasan penjualan kembang api di Kota Tultepec, dekat Kota Meksiko meledak hebat hingga menewaskan puluhan orang.

Peristiwa ledakan ini berhasil diabadikan oleh warga bernama Jose Luis Tolentino Juarez yang merekamnya dari jarak aman. Terlihat ledakan bersahut-sahutan diikuti kepulan asap dan percikan api.

Berikut merupakan video rekaman ledakan yang diambil oleh pengguna facebook Jose Luis Tolentino Juarez, via akun IG CNN.

Halaman
1234
Penulis: mon
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved