Presiden Nicolas Maduro Tuduh Gedung Putih Berencana Membunuhnya

Nicolas Maduro menuduh Amerika Serikat ( AS) berusaha untuk membunuhnya dengan kudeta atas bantuan Kolombia dan Brasil.

Presiden Nicolas Maduro Tuduh Gedung Putih Berencana Membunuhnya
IST
Presiden Venezuela Nicolas Maduro 

TRIBUNJOGJA.COM - Presiden Venezuela Nicolas Maduro menuduh Amerika Serikat ( AS) berusaha untuk membunuhnya dengan bantuan Kolombia dan Brasil.

Kepada koresponden AFP, Rabu (12/12/2018), Maduro berujar dia punya informasi bagus plot itu dilakukan Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton.

Bolton, kata Maduro, bakal mengerahkan militer dengan misi untuk membuat keributan di perbatasan dengan tujuan menggulingkan pemerintahan sosialisnya.

Berdasarkan informasi yang didapatnya, Bolton bakal memberi kekacauan dengan tujuan agar militer asing bisa mengintervensi dan menciptakan kudeta.

Kemudian jika kudeta tersebut berhasil, Maduro berujar kekuatan asing itu bakal menerapkan apa yang mereka sebuah dewan pemerintahan transisi.

"Sekali lagi saya mengecam plot yang dipersiapkan Gedung Putih untuk membunuh saya, melanggar demokrasi Venezuela, dan memaksakan pemerintahan diktator di sini," tutur Maduro.

Pasukan yang dipersiapkan untuk melakukan misi kekacauan tersebut, ujar Maduro, tengah menjalani pelatihan di AS dan Kolombia.

Merespons Trump

Pernyataan Maduro merupakan respons dari kritikan yang dilontarkan Presiden AS Donald Trump dan koleganya, Presiden Kolombia Ivan Duque.

Bahkan pada Oktober, Trump mengisyaratkan bakal mengerahkan kekuatan militer untuk mengatasi krisis ekonomi yang sedang terjadi di Venezuela.

Meski menyatakan kudeta itu bakal dibantu Brasil, Maduro menyatakan Negeri "Samba" tidak akan bisa bersitegang dengan rakyat Venezuela.

" Militer Brasil menginginkan perdamaian. Tentunya tidak akan ada orang di sana yang ingin menghadapi rakyat kami," klaim Maduro.

Bolton dan presiden terpilih Brasil Jair Bolsonaro bertemu di Rio de Janeiro November lalu. Pertemuan pertama jelang pelantikan Bolsonaro pada 1 Januari 2019. (Ardi Priyatno Utomo)

.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Presiden Venezuela Tuduh AS Berencana Membunuh Dirinya"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved