Bantul

Mengenal Museum History of Java, Menyentuh Masa Lalu dengan Teknologi

Mengenal Museum History of Java, Menyentuh Masa Lalu dengan Teknologi Augmented Reality

Mengenal Museum History of Java, Menyentuh Masa Lalu dengan Teknologi
Dok Elly Halsamer
Elly menunjukkan teknologi AR yang dapat memunculkan wujud benda atau manusia dari papan edukasi yang ada di museum History of Java. 

TRIBUNJOGJA.COM - Berkunjung ke museum pada umumnya pasti akan menemui berbagai macam koleksi artefak hingga diorama peristiwa sejarah.

Namun bagaimana jika saat berkunjung ke museum, pengunjung dapat melihat dan berinteraksi dengan manusia purba hingga tokoh Laksamana Cheng Ho?

Museum History of Java, terletak di Jalan Parangtritis kilometer 5,5 Sewon, Bantul ini memiliki cara unik untuk mengajak pengunjung bertualang ke masa lalu.

Baca: Sutrisno Nekad Akhiri Hidup dengan Cara Gantung Diri di Pohon Nangka

Melalui teknologi Augmented Reality (AR), pengunjung dapat berinteraksi dengan berbagai macam wujud benda dan orang.

"Ini Laksamana Cheng Ho. Kita bisa lihat dan berinteraksi," kata Elly Halsamer, founder sekaligus CEO Yayasan D'Topeng Museum tempo hari, saat Tribun Jogja berkesempatan mengunjungi museum yang baru dibuka untuk umum pada 10 Desember ini.

Tak hanya tokoh sejarah, berbagai macam benda dam hewan purba ini dapat muncul dari papan edukasi yang banyak terdapat di dalam museum.

Elly menjelaskan, untuk merasakan teknologi AR ini pengunjung terlebih dahulu mengunduh aplikasi di Play Store di ponsel android.

Baca: Henri Sujud Syukur Dapat Hadiah Mobil Ayla dalam Acara Tribun Jogja Sehat Bersama Luwak White Koffie

"Nanti akan muncul seperti ini. Bisa difoto atau direkam," tutur Elly sembari menunjukkan layar ponselnya yang terdapat wujud tokoh Cheng Ho.

Menjadi tujuan Elly untuk membuat museum menjadi tempat yang santai dan menyenangkan. Maka ia mengombinasikan teknologi AR ini dengan ilmu sejarah.

Selain sajian edukasi berbasis AR, di museum ini juga terdapat video mapping hingga arena swafoto bertema Kampung Selfie Mataraman. (tribunjogja)

Penulis: amg
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved