Soccer Style

Menang Telak, Indonesia Amankan Tiket Semifinal AFF Futsal Championship 2018

Indonesia lolos sebagai runner up Grup B, dengan koleksi 6 poin, atau satu strip di bawah Malaysia yang menorehkan poin sempurna

Menang Telak, Indonesia Amankan Tiket Semifinal AFF Futsal Championship 2018
IST
Pemain Indonesia, Ardiansyah Runtuboy, berusaha melewati hadangan pemain Kamboja, dalam lanjutan Grup A AFF Futsal Championship 2018, di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta, Rabu (7/11) sore. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Indonesia berhasil mengamankan tiket lolos ke semifinal AFF Futsal Championship 2018, setelah mengandaskan perlawanan Kamboja 13 gol tanpa balas, di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta, Rabu (7/11/2018) sore.

Indonesia lolos sebagai runner up Grup B, dengan koleksi 6 poin, atau satu strip di bawah Malaysia yang menorehkan poin sempurna dalam tiga pertandingan.

Ya, di laga pamungkas, Mohd Awalluddin dan kolega membekuk Myanmar dengan skor tipis 3-2. 

Baca: Menang Telak 13-0 Atas Kamboja, Timnas Futsal Indonesia Melenggang ke Semifinal AFF Futsal 2018

Tiga pemain mencatat brace dalam pertandingan ini, yakni Al Fajri Zikri (3, 22), Syauqi Saud (15, 19) dan Muhammad Subhan Faidasa (13, 20).

Sedangkan sisanya, dicetak oleh Marvin Alexa (34), Fhandy Permana (40), Ardiansyah Runtuboy (18), Bambang Bayu Saptaji (11), Muhammad Rasyid (39), Randy Satria (26) dan Rio Pangestu (31).

Tidak seperti dua pertandingan sebelumnya, dalam laga ini, tim pelatih lebih berani melakukan rotasi.

Bahkan, kesempatan bermain diberikan pada ketiga penjaga gawangnya.

Apalagi, dua langganan lima pertama, yakni Iqbal Rahmattulah dan Andri Kustiawan, harus absen karena cedera. 

Baca: AFF Futsal Championship 2018 - Indonesia Akui Keunggulan Malaysia 5-7

Pelatih Indonesia, Kensuke Takahashi, mengatakan bahwa kemenangan telak ini menjadi modal berharga bagi para pemain, guna menghadapi fase berikutnya.

Sekadar informasi, skuat Garuda bakal meladeni juara Grup B, antara Thailand, atau Vietnam.

"Performa tim menanjak, ada perbaikan di sini, setelah kita menelan kekalahan dari Malaysia. Kita juga amati permainan lawan. Menurut saya, kemenangan besar ini  kembali menaikkan mental anak-anak, ini berpengaruh untuk tim," katanya.

Juru taktik asal Jepang itu mengungkapkan, secara keseluruhan, Indoneia harus bersusah payah untuk memastikan tempat di semifinal.

Terlebih, sejak awal ia menyadari, tim besutannya tergabung di grup berat, bersama Malaysia, Myanmar dan Kamboja.

"Melawati fase grup ini merupakan sesuatu yang sulit, ada berbagai rintangan yang harus kita lalui. Tapi, kita bersyukur, kita mendapat dukungan penuh dari fans, klub, serta media. Ini hal positif untuk perkembangan futsal di Indonesia," ungkapnya.

Baca: AFF Futsal Championship 2018 - Sengit, Indonesia kontra Malaysia Sama Kuat di Babak Pertama

Lebih lanjut, mengenai peluang di semifinal, mantan pelatih Bardral Urayasu itu tidak mau pilih-pilih lawan.

Pasalnya, harus diakui, kualitas yang dimiliki Thailand dan Vietnam memang berada di atas rata-rata, jika dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. 

"Keduanya punya skuat yang sudah berpengalaman. Jadi, semuanya merupakan lawan berat. Karena itu, sangat penting untuk para pemain, agar mengurangi kesalahan-kesalahan kecil di semifinal nanti," tandas Kensuke. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved