Breaking News:

Yogyakarta

Merti Bakpia 2018 Digelar Besok

Pasalnya selain iring-iringan gunungan bakpia, kegiatan tersebut juga menampilkan gelar potensi kesenian lainnya serta melibatkan beberapa sekolah

Penulis: Kurniatul Hidayah | Editor: Ari Nugroho
tribunjogja/rendika
Ilustrasi: Gunungan bakpia setinggi 1,5 meter digotong oleh Bregodo, Senin (14/9), di pelataran bekas pabrik tegel kuntji, Jalan KS Tubun, Ngampilan. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Setelah absen tahun lalu, Merti Bakpia atau Garebeg Bakpia akan kembali digelar besok, Sabtu (20/10), yang dimulai dari eks-Pabrik Tegel Kunci di Jalan KS Tubun, Pathuk, Ngampilan.

Ketua Panitia Merti Bakpia, Aris Dewanto menjelaskan bahwa pelaksanaan Merti Bakpia tahun ini akan lebih meriah dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya selain iring-iringan gunungan bakpia, kegiatan tersebut juga menampilkan gelar potensi kesenian lainnya serta melibatkan beberapa sekolah sekitar.

"Tahun ini kita buat lebih meriah dari 2016. Ada beberapa kegiatan sampai tengah malam," ucapnya saat jumpa pers di Dinas Komunikasi dan Persandian Kota Yogyakarta, Kamis (18/10/2018).

Baca: Bakpia Masih Menjadi Primadona Buah Tangan Para Pemudik

Selanjutnya, untuk acara inti, Aris menjelaskan relatif sama dengan pelaksanaan sebelumnya.

Terdapat 5 gunungan bakpia yang terdiri dari 1 gunungan bakpia lanang, 1 bakpia gunungan bakpia wadon, dan 3 gunungan bakpia anakan.

"Kalau jumlah bakpia di gunungan lanang dan wadon ada 3.000 buah. Sementara untuk anakan ada 4.000 buah. Gunungan ini nanti untuk dirayah (diperebutkan warga). Tapi ada juga nanti yang membagikan bakpia ke penonton menggunakan tampah. Ada sekitar 5.000 buah yang dibagikan itu," terangnya.

Bakpia yang ada dalam Merti Bakpia tersebut, lanjutnya, terdiri dari beberapa varian rasa.

Aris menyebut terdapat varian rasa kacang hijau, ubi ungu, durian, stroberi, keju capuccino, mochaccino, tiramisu, green tea, dan kumbu hitam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved