Breaking News:

Polisi Tangkap Penyebar Hoaks Bencana Gempa dan Tsunami di Surabaya

Dalam postingan, pelaku juga menyebut perkiraan BMKG mengenai Mega Trust Pulau Jawa dan sangat mungkin terjadi di Jakarta

TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri K
Ilustrasi deklarasi anti hoaks 

TRIBUNJOGJA.COM - Polisi kembali mengamankan penyebar hoaks (hoax) atau kabar bohong terkait bencana gempa dan tsunami.

Pelaku diamankan di tempat kerjanya di kawasan Jalan Raya Gubeng Surabaya, Rabu (3/10/2018) lalu.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur, Kombes Frans Barung Mangera membenarkan penangkapan tersebut.

Pelaku diamankan di tempat kerja lantaran berdasarkan penyelidikan, dia tidak tinggal di tempat yang tercatat di identitasnya.

"Target tidak tinggal di lokasi sesuai kartu identitas, makanya dijemput di tempat kerjanya," kata Barung dikonfirmasi, Sabtu (6/10/2018).

Pelaku berinisial MM (39) adalah warga Perum Citra Sentosa Kecamatan Lakarsantri Surabaya, dan mengontrak rumah di Jalan Ngagel Rejo Kidul Surabaya.

Pelaku kata Barung, pada 24 Agustus lalu memposting konten hoaks melalui akun Facebooknya.

Postingan tersebut berisi link berita kejadian gempa di Lombok dengan kekuatan 6,5 - 6,0 - 7,0 SR.

"Dalam postingan, pelaku juga menyebut perkiraan BMKG mengenai Mega Trust Pulau Jawa dan sangat mungkin terjadi di Jakarta diperkirakan berkekuatan 8,9 SR," jelasnya.

Pelaku juga memberikan imbauan agar masyarakat menyiapkan tas yang berisi perlengkapan untuk kebutuhan menghadapi bencana.

"Ini dianggap berita hoaks yang mencemaskan masyarakat di tengah duka bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala," tambahnya.

Saat ini pelaku ditahan di Mapolda Jawa Timur untuk diperiksa intensif oleh Tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jawa Timur. MM terancam pidana 2 tahun penjara. Dia dijerat Pasal 15 KUHP.

Dalam kasus yang sama, Polda Jawa Timur Selasa lalu juga mengamankan seorang ibu rumah tangga warga Desa Jagalan Tengah, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. (Achmad Faizal)

.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diduga Sebar Hoaks Bencana di Medsos, Warga Surabaya Ditangkap Polisi"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved