Kulonprogo

Pembahasan Tiga Raperda di Kulonprogo Tertunda

Tiga rancangan peraturan daerah (raperda) yang masuk Program Pembentukan Peraturan Daerah 2018 di Kulonprogo ditunda pembahasannya.

Pembahasan Tiga Raperda di Kulonprogo Tertunda
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Tiga rancangan peraturan daerah (raperda) yang masuk Program Pembentukan Peraturan Daerah 2018 di Kulonprogo ditunda pembahasannya.

Hal ini lantaran pembahasan Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di tingkat provinsi juga belum selesai.

Baca: Bawaslu Waspadai Money Politics, Kulonprogo dan Gunungkidul Jadi Perhatian

Ketiga raperda tersebut yakni Raperda Pembangunan Industri, Rencana Detail Tata Ruang Perkotaan, serta Raperda Perencanaan Tata Ruang Kawasan Strategis Bandar Udara.

Kesemua raperda itu merupakan turunan dari Perda RTRW yang saat ini masih dalam tahap pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat DIY maupun Kabupaten Kulonprogo.

Kepala Bagian Huku, Sekretariat Daerah Kulonprogo, Iffah Mufidati mengatakan meski belum mendapat tembusan resminya, Gubernur DIY disebutkan telah mengeluarkan rekomendasi yang meminta penundaan pembahasan tiga Raperda itu.

Yakni, sampai Raperda RTRW provinsi dan kabupaten disahkan.

Karenanya, pembahasannya tidak bisa dirampungkan tahun ini.

"Penundaan ini sangat logis karena di tingkat provinsi dan kabupaten juga belum disahkan Perdanya," kata Iffah pada Tribunjogja.com, Kamis (27/9/2018).

Penundaan itu memastikan bahwa pembahasan ketiga raperda tersebut tak bisa dilakukan tahun ini.

Awal pengajuan pembahasan tiga raperda itu menurutnya karena ada kebutuhan namun pembahasan masih berjalan hingga akhir 2018 dan Gubernur berwenang mengeluarkan rekomendasi penundaan pembahasan tersebut.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved