Yogyakarta

70 Persen Pensiunan DIY Telah Lakukan Enrolment

sebanyak 70 persennya telah melakukan enrolment atau perekaman data oleh pihak PT Taspen Kantor Cabang Yogyakarta.

70 Persen Pensiunan DIY Telah Lakukan Enrolment
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Yosef Leon Pinsker

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dari sejumlah 88 ribu pensiunan yang terdapat di DIY, sebanyak 70 persennya telah melakukan enrolment atau perekaman data oleh pihak PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) Kantor Cabang Yogyakarta.

Kepala Kantor Cabang PT Taspen Yogyakarta, I Gde Agus Adiscucipto saat berkunjung ke komplek kepatihan, Rabu (12/9/2018) mengatakan, enrollment adalah perekamanan data biometrik wajah, sidik jari dan suara dari para peserta Taspen.

Baca: Tambah Pengetahuan, Pensiunan PNS Pemda Terima Pembekalan Sebelum Pensiun

"Dengan adanya program enrollment ini, nantinya para peserta Taspen atau penerima pensiun tidak perlu lagi mengantri di kantor bayar untuk melakukan pelaporan diri secara periodik atau dalam menerima uang pensiun," terangnya pada Tribunjogja.com.

Peserta yang telah melakukan enrollment, sambungnya, bisa melakukan otentikasi mandiri dan selanjutnya dapat mengambil uang melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Nantinya para pensiunan akan mendapatkan smart card yang berfungsi sebagai kartu identitas pensiun (Karip), ATM, dan kartu diskon di beberapa outlet dan merchandise yang mempunyai perjanjian kerjasama dengan mitra bayar.

Baca: Rencana Skema Baru untuk Pensiunan PNS, Eselon I Bisa Dapat Rp20 Juta per Bulan

“Melalui enrollment ini nantinya pensiunan tidak perlu datang ke kantor untuk melakukan otentikasi. Bagi pensiunan yang sakit atau tidak dapat datang ke kantor Taspen untuk enrollment karena kondisi yang telah uzur, nanti kita akan datangi.” ujarnya

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga melakukan enrollment kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Wakil Gubernur, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam X. (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved