Breaking News:

Pendidikan

Fakuktas Teknik UJB Rintis Kerjasama Pengolahan Sampah dengan Zhejiang University of Technology

Sebagai langkah awal dari kegiatan ini, FT UJB mengundang dosen dari Zhejiang University of Technology, Prof Dr Mi Yan.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Ari Nugroho
IST
dosen Zhejiang University of Technology Prof Dr Mi Yan (kiri) bersama dengan Kepala Laboratorium Bioenergi Jurusan Teknik Mesin, Mochamad Syamsiro (kanan) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sampah masih menjadi permasalahan yang serius di semua negara termasuk Indonesia.

Untuk itu, Fakultas Teknik (FT) Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta merintis kerjasama dalam bidang teknologi pengolahan sampah untuk dijadikan sumber energi dengan menggandeng Zhejiang University of Technology, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Sebagai langkah awal dari kegiatan ini, FT UJB mengundang dosen dari Zhejiang University of Technology, Prof Dr Mi Yan.

Baca: UJB Gelar Seminar Peningkatan Ekonomi dari Sektor Pertanian

Dekan FT UJB, Titiek Widyasari menuturkan dengan dihadirkannya Prof Mi Yan ini merupakan bagian dari program FT UJB, khususnya Program Studi Teknik Mesin guna berbagi ilmu tentang pengolahan sampah yang dikaitkan dengan isu energi.

"Prof Mi Yan juga sudah mengunjungi pengolahan sampah untuk dijadikan energi yang dikembangkan oleh Laboratorium Bioenergi Jurusan Teknik Mesin dan melakukan pengambilan sampel sampah di TPST Piyungan, Bantul untuk dikaji komposisinya dan potensinya sebagai sumber energi,” tuturnya pada Selasa (11/9/2018).

Sebagai tindak lanjut, Titiek berharap ke depan kerjasama antara UJB dengan Zhejiang University of Technology semakin ditingkatkan, khususnya dalam pengembangan pengolahan sampah untuk dijadikan energi baru.

“Harapannya ke depan kita bisa menjalin kerjasama penelitian yang lebih intens antara FT UJB dengan Zhejiang University of Technology. Mungkin kami akan menggagas MoU karena kita sama-sama membutuhkan untuk pengembangan,” lanjut dia.

Baca: Ilmuwan Luncurkan Alat Pembersih Sampah Plastik di Laut

Ditambahkannya, fokus FT UJB saat ini peningkatan wawasan keilmuan serta partisipasi kepada pemerintah dan masyarakat, khususnya pengelolaan sampah yang masih menjadi salah satu problem bangsa Indonesia.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Bioenergi Jurusan Teknik Mesin, Mochamad Syamsiro menambahkan, selama ini pihaknya sudah berfokus dalam pengembangan teknologi pengolahan sampah untuk dijadikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Saat ini, FT UJB melalui Laboratorium Bioenergi yang ada di Jurusan Teknik Mesin telah mengembangkan beberapa teknologi pengolahan sampah menjadi sumber energi.

"Di antaranya adalah teknologi pirolisis yang mengubah sampah plastik dan ban bekas menjadi BBM," papar Syamsiro.

Di samping itu juga dikembangkan teknologi perlakuan hidrotermal (hydrothermal treatment) untuk mengolah sampah organik, kotoran, sisa-sisa makanan, dan biomassa menjadi bahan bakar padat setara batubara.

"Harapan ke depannya, Laboratorium Bioenergy FT UJB dan Center for Waste Management & Bioenergy yang ada di UJB menjadi pusat unggulan di Yogyakarta dan Indonesia di dalam pengembangan teknologi sampah menjadi energi," ucapnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved