Aktifitas Gunung Merapi

Pertumbuhan Kubah Lava Gunung Merapi Lambat, Warga Harus Tetap Tenang

Pertumbuhan Kubah Lava Gunung Merapi Lambat dan Stabil, Warga Harus Tetap Tenang.

Pertumbuhan Kubah Lava Gunung Merapi Lambat, Warga Harus Tetap Tenang
BPPTKG
Kubah Lava baru merapi 2018 

TRIBUNJOGJA.COM - Kepala Seksi Merapi BPPTKG, Agus Budi Santoso mengatakan pertumbuhan kubah lava Gunung Merapi lambat dan stabil.

"Jadi seperti rilis kemarin memang muncul kubah baru. Tetapi pertumbuhannya lambat, sampai saat ini kondisi masih stabil. Tetapi status masih waspada," kata Agus Minggu (19/8/2018).

Menurutnya pertumbuhan kubah lava bari ini belum menimbulkan ancaman. Oleh sebab itu ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang.

"Masyarakat tidak perlu panik, karena saat ini masih stabil. Jika nanti tidak stabil, tentu kami akan evaluasi kembali," lanjutnya.

Sebelumnya, pada Sabtu (18/8) BPPTKG merilis bahwa muncul kubah baru. Munculnya kubah lava tersebut merupakan tanda fase erupsi magmatik Gunung Merapi dimulai.

Kubah lava diperkirakan muncul sekitar tanggal 11 Agustus 2018. Diameter panjang kubah baru sekitar 55 m dan lebar sekitar 25 m, sedangkan tinggi sekitar 5 m dari permukaan kubah 2010.

Sesuai pernyataan BPPTKG, radius 3 km dari puncak Gunung Merapi tidak diperkenankan untuk aktivitas penduduk. (tribunjogja)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved