Yogyakarta

Lakukan Kiki Challenge di Jalan Raya Bisa Kena Denda Rp750 ribu

Kiki Challenge yang dilakukan di jalan raya melanggar Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya.

Lakukan Kiki Challenge di Jalan Raya Bisa Kena Denda Rp750 ribu
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Maraknya fenomena Kiki Challenge yang saat ini kerap dilakukan masyarakat, khususnya kawula muda yang berujung dengan mempostingnya di media sosial masing-masing ternyata mendapat atensi dari pihak Kepolisian.

Hal itu dikarenakan Kiki Challenge yang dilakukan di jalan raya melanggar Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, bahkan masyarakat yang melakukannya di jalan raya dapat terkena denda hingga Rp750 ribu.

Baca: Ditlantas Polda DIY Berencana Ikut Terapkan Tes Psikologi dalam Pembuatan SIM Semua Golongan

Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, bahwa denda tersebut dapat dikenakan kepada pengendara yang melakukan challenge tersebut di jalan raya.

Bukan tanpa alasan, menurut Dirlantas jika challenge tersebut dilakukan di jalan raya dapat berpotensi menimbulkan kemacetan bahkan kecelakaan lalu lintas, sehingga pihaknya melarang challenge tersebut dilakukan di jalan raya.

"Jelas itu (Kiki challenge di jalan raya) tidak boleh. Karena sangat membahayakan, baik bagi dirinya (Yang melakukan) maupun orang lain," katanya pada Tribunjogja.com, Kamis (2/8/2018).

Lanjutnya, untuk masyarakat yang kedapatan melakukan Kiki Challenge di jalan raya akan ditindak tegas oleh pihaknya.

Menurutnya, masyarakat yang melakukan Kiki Challenge di jalan raya dapat dikenakan pasal 283 jucnto pasal 106 ayat 1 Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya.

"Jadi pelanggar bisa dikenai denda maksimal Rp750 ribu atau kurungan (Penjara) tiga bulan," ucapnya.

Disinggung mengenai sudah ada penindakan yang dilakukan pihaknya terkait Kiki Challenge di Yogyakarta, Dirlantas mengakui sampai saat ini belum melakukannya.

Mengingat hingga saat ini belum ada masyarakat Yogyakarta yang kedapatan melakukan Kiki Challenge di ruas jalan Yogyakarta.

Baca: Jasa Raharja dan Ditlantas Kunjungi Korban Kecelakaan Lalu Lintas yang Alami Cacat Permanen

"Belum ada, tapi kalau ada yang melakukannya di jalan raya tentu kita tindak," katanya.

Ditambahkan Kombes Pol Latif, bahwa masyarakat, khususnya masyarakat Yogyakarta menghimbau untuk tidak terpancing dengan medsos dan melakukan Kiki Challenge di jalan raya.

Apalagi melakukan challenge tersebut hanya untuk kepentingan eksis di media sosial semata.

"Jadi dihimbau untuk tidak meniru dan melakukan kegiatan tersebut (Kiki challenge) di jalan raya. Karena hanya akan merugikan dan membahayakan dirinya sendiri serta orang lain," tambahnya. (*)

Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved