Breaking News:

Jawa

Kloter Pertama Jemaah Haji Kabupaten Magelang Diberangkatkan

Kloter ini menjadi kloter yang pertama jemaah haji dari Kabupaten Magelang yang berangkat ke tanah suci.

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
IST
Sebanyak 333 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 34 asal Kabupaten Magelang diberangkatkan, Kamis (26/7/2018) siang tadi. Kloter ini menjadi kloter yang pertama jemaah haji dari Kabupaten Magelang yang berangkat ke tanah suci. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebanyak 333 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 34 asal Kabupaten Magelang diberangkatkan, Kamis (26/7/2018) siang tadi.

Kloter ini menjadi kloter yang pertama jemaah haji dari Kabupaten Magelang yang berangkat ke tanah suci.

Keberangkatan jemaah haji kloter 34 dilepas oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Eko Triyono di halaman Pemerintah Kabupaten Magelang.

Mereka berangkat menggunakan delapan bus diantar menuju Yogyakarta untuk bertolak ke Arab Saudi.

Baca: Sabar Menabung dan Menunggu 7 Tahun, Tukang Tambal Ban di Semarang Ini Segera Berangkat Haji

"Kami melepas keberangkatan jama'ah haji kloter 34 dari Kabupaten Magelang, yang berjumlah 333 orang dengan menggunakan 8 bus yang dikawal oleh Lantas Polres Magelang," ujar Eko, Kamis (26/7/2018) sesaat melepas jemaah haji.

Eko berharap jumlah jemaah haji dari Kabupaten Magelang dapat terus bertambah di tahun mendatang.

Saat ini jumlah jemaah haji berkurang dari semula 1.500 kuota jemaah menjadi sekitar 1.000 jemaah, akibat adanya proyek pembangunan di Mekkah.

"Kuota untuk jemaah haji dari Magelang dulu bisa mencapai 1.500. Namun karena sedang ada pembangunan di Mekah, maka tahun kemarin kita hanya memberangkatkan sekitar 800 jama'ah haji, dan tahun ini sudah mencapai hampir 1.000 jama'ah haji. Semoga tahun depat dapat lebih meningkat lagi," ujarnya.

Eko mengatakan sudah terdapat tim medis yang akan mendampingi para jemaah saat melakukan ibadah haji di tanah suci.

Termasuk di tanah suci yang telah ada tenaga kesehatan haji Indonesia dan juga tenaga kesehatan haji daerah.

Baca: Cara Aktivasi Paket Haji Telkomsel, Nelpon Lancar Saat Beribadah Haji

"Begitu sampai (Mekkah) ada pemeriksaan kesehatan dan pembagian gelang berwarna. Untuk gelang yang berwarna merah, nanti akan mendapatkan perhatian khusus dari tim medis, sedangkan yang berwarna kuning, berarti sehat namun tetap dipantau intensif karena faktor usia, tetapi kalau sehat akan mendapatkan gelang berwarna hijau," jelasnya.

Untuk jemaah haji kloter 35 akan menyusul diberangkatkan pada dini hari nanti dan kloter 36 akan diberangkatkan pada esok (27/7/2018) pagi.

Untuk total jumlah jemaah haji 2018 asal Kabupaten Magelang awalnya berjumlah 978 orang, namun satu orang meninggal dunia sehingga jumlahnya menjadi 977 orang.

"Tentunya harapan kami para jama'ah haji ini nantinya dapat berangkat sesuai rencana, dan kembali ke Kabupaten Magelang sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, dan tidak kurang sesuatu apapun," tutupnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved