Sleman

Jogja Bay dan Hamzah Batik Kenalkan Batik pada Anak Lewat 'Mbatik Bareng'

Kegiatan ini menjadi edukasi pada pengunjung Jogja Bay yang berasal dari berbagai wilayah untuk lebih mengenal batik melalui praktek secara langsung.

Jogja Bay dan Hamzah Batik Kenalkan Batik pada Anak Lewat 'Mbatik Bareng'
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Staf Hamzah Batik saat mendampingi peserta Mbatik Bareng Hamzah Batik di South Beach area Jogja Bay Waterpark, Minggu (8/7/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Jogja Bay Waterpark menggandeng Hamzah Batik dan Raminten menggelar beberapa acara seru dan menarik.

Kolaborasi ini diantaranya yakni dengan adanya event Mbatik Bareng Hamzah Batik di area South Beach Jogja Bay Waterpark, Minggu (8/7/2018).

Melalui event membatik bersama dan dipandu oleh staf Hamzah Batik, kegiatan ini sekaligus menjadi upaya edukasi kepada pengunjung Jogja Bay yang berasal dari berbagai wilayah untuk lebih mengenal batik melalui praktek secara langsung.

Medha Zeli Elshita, Public Relation Jogja Bay menuturkan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari program 'Lebaran Siap Liburan' yang berkolaborasi dengan Raminten untuk memberikan edukasi kepada masyarakat perihal tradisi yang ada di Yogyakarta.

"Rangkaian acara yang kami persembahkan ini tidak hanya bersifat hiburan tapi juga edukatif. kami hadirkan workshop area ‘Mbatik Bareng Hamzah Batik’ Harapannya pengunjung dapat lebih mencintai budaya lokal dengan fasilitas belajar membatik sampai dengan pewarnaan yang diberikan oleh Jogja Bay Wateraprk dan Hamzah Batik,” ujar Medha kepada Tribunjogja.com, Minggu (8/7/2018).

Untuk menikmati rangkaian acara membatik ini, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 25ribu dan Rp 40ribu dengan fasilitas beragam.

Untuk Rp 25ribu para pengunjung akan memperoleh fasilitas membatik mulai dari proses mencanting hingga pewarnaan hingga batik jadi dan bonus doorprize menarik. Sedangkan untuk Rp 40ribu, pengunjung memperoleh fasilitas tambahan yakni foto langsung jadi bersama Hamzah Batik dan doorprize menarik.

Keunikan lain dalam proses membatik ini yakni, tak hanya membatik pola batik konvensional saja melainkan, Jogja Bay juga memberikan motif dengan karakter Jogja Bay sehinga lebih menarik bagi anak-anak.

Acara ini tak hanya untuk anak saja, melainkan untuk para orang tua dan dewasa juga diperbolehkan.

Sementara itu, Rama Pratama, Tim Media Hamzah Batik Malioboro menuturkan melalui kegiatan ini pihaknya berharap generasi muda dan masyarakat dari berbagai wilayah mampu memahami batik dengan benar dilihat dari setiap proses yang dilakukan yang ada dalam membatik.

"Selain edukasi, kegiatan membatik di Jogja Bay ini tentu menjadikan para pengunjung dapat memahami filosofi-filosofi apa saja dalam setiap prosesnya, tidak hanya asal kita kenakan saja namun kita juga harus paham tentang proses dan makna dari proses tersebut," ungkapnya.

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved