Grand Keisha Berikan Batik Corner untuk Mendukung UKM Batik di Sleman

Begitu juga sebaliknya, UKM takkan bisa berkembang tanpa sektor pariwisata.

Grand Keisha Berikan Batik Corner untuk Mendukung UKM Batik di Sleman
ist
Grand Keisha by Horison Hotel, Sabtu (9/6/2018), secara resmi memberikan tempat berupa Batik Corner bagi Asosiasi Batik Mukti Manunggal Sleman. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Grand Keisha by Horison Hotel secara resmi memberikan tempat berupa “Batik Corner” bagi Asosiasi Batik Mukti Manunggal Sleman.

Langkah ini menjadikan Grand Keisha sebagai Hotel pertama yang menjalankan program sinergi antara PHRI Sleman, Dinas Pariwisata Sleman  dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman dan dalam memajukan pariwisata di Sleman.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra Hj Sudarningsih, mengatakan sinergi ini muncul didasari oleh suatu kesadaran bahwa kearifan lokal dalam pengembangan pariwisata suatu daerah merupakan sesuatu yang harus dijaga agar masyarakat sekitar mendapat dampak positif dari pariwisata tersebut.

“Jangan sampai hanya para investor yang mendapat keuntungan, tapi juga masyarakat setempat juga harus mendapat keuntungan dari perkembangan destinasi wisata di daerahnya,” ucapnya, Sabtu (9/6/2018).

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Dra. Tri Endah Yitnani, M.Si. mengatakan perkembangan sebuah destinasi wisata tidak akan terjadi tanpa pertumbuhan UKM.

Begitu juga sebaliknya, UKM takkan bisa berkembang tanpa sektor pariwisata.

Oleh karena itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman kemudian mengasuh perajin Batik di Sleman dalam Asosiasi Batik Mukti Manunggal dari Sleman yang terdiri dari 25 kelompok perajin batik dari seluruh penjuru Sleman, yang mencakup Sleman Barat, Sleman Selatan, Sleman Utara dan Timur. Masing – masing kelompok beranggotakan 5 – 20 orang.

General Manager Grand Keisha Atik Damarjati yang juga mengampu sebagai pengurus  PHRI Sleman di bidang promosi, melihat potensi yang bagus dari UMKM Sleman dan berinisiative untuk menampilkan potensi ini di Grand Keisha Hotel sebagai bagian dari promosi hotel, sehingga disamping dapat memasarkan produk batik dari UMKM juga diharapkan menambah daya Tarik bagi pengunjung atau tamu hotel.

“Dengan ini tamu hotel pun dapat mengetahui seluk beluk dan proses membatik,” ujarnya. (*)

Penulis: vim
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved