Breaking News:

Kota Yogyakarta

Pemudik dengan Moda Transportasi Udara Diprediksi Jadi yang Terbanyak Pada Arus Mudik Tahun Ini

Menhub mengatakan dari data yang dimilikinya secara presentase kenaikan paling besar terjadi pada jalur udara dan darat.

Penulis: Rizki Halim
Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan penunmpang di Stasiun Tugu Yogyakarta, Sabtu (19/5/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rizki Halim

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementerian Perhubungan memperdiksikan sebanyak 30 juta masyarakat akan melakukan mudik pada Lebaran tahun ini.

Dari angka tersebut, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menuturkan bahwa jumlah yang terbanyak adalah pemudik dengan moda transportasi udara.

"Pemudik paling besar dari moda udara yaitu 8 juta, jalur darat sebanyak 7 sampai 8 juta, jalur laut 1,5 juta, kereta api juga cukup banyak, kira kira 6 juta pada tahun ini," kata Budi Karya usai meninjau kesiapan mudik di Stasiun Tugu (19/5/2018).

Lebih lanjut, Menhub mengatakan dari data yang dimilikinya secara presentase kenaikan paling besar terjadi pada jalur udara dan darat.

Kenaikan jumlah penumpang juga terjadi pada moda kereta api, namun demikian kenaikannya tidak terlalu signifikan dikarenakan keterbatasan armada yang dimiliki oleh PT KAI.

"Kereta api mengalami kenaikan sebesar 5 persen, bukan karena tidak adanya minat masyarakat kepada kereta, minatnya sebenarnya banyak tapi persediaaan yang terbatas," urai Menhub.

Guna mengakomodir calon penumpak kereta api, sejumlah kereta tambahan rencananya akan disediakan, meskipun demikian jumlahnya tidak signifikan yaitu sejumlah 5 hingga 10 persen. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved