Sleman

PKH Sangat Bermanfaat untuk Keluarga Miskin dan Rentan Miskin di Sleman

Selama 10 tahun PKH, Kabupaten Sleman telah menerima penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik dalam dukungannya

PKH Sangat Bermanfaat untuk Keluarga Miskin dan Rentan Miskin di Sleman
IST
Bupati Sleman Sri Purnomo saat memotong tumpeng peringatan 1 dasawarsa PKH di GOR Pangukan, Tridadi, Sleman pada Selasa (8/5/2018). 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja – Siti Umaiyah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Berdasarkan hasil evaluasi nasional, Program Keluarga Harapan telah berhasil menaikan angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah, menaikan angka kunjungan balita ke posyandu, menekan angka putus sekolah, serta berhasil mengentaskan sebagian keluarga miskin.

Hal tersebut disampaikan oleh Sri Murni  Rahayu, selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman pada Peringatan 1 Dasawarsa Program Keluarga Harapan serta Peringatan Hari Lanjut Usia di GOR Pangukan, Tridadi Sleman, Yogyakarta pada Selasa (8/5/2018).

Murni juga mengungkapkan, selama 10 tahun PKH, Kabupaten Sleman telah menerima penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik dalam dukungannya terhadap kegiatan Family Development Session (FDS) PKH pada Hari Kesetiakawanan Sosial (HKSN) 2017 di Surabaya.

Baca: Ratusan SDM Pelaksana PKH Dapatkan Pembekalan dari Bupati Sleman

“PKH sendiri merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin dan rentan miskin yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan bahwa melalui program pemenuhan kebutuhan dasar yang ada di PKH, yang berupa peningkatan kesehatan dan pendidikan diharap mampu melahirkan generasi yang cerdas, mandiri dan sejahtera.

“Peserta PKH Kabupaten Sleman pada tahun 2017 berjumlah 50.862 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sedangkan di tahun 2018 jumlah KPM PKH ada 50.452 KPM, dengan total nilai bantuan pertahun sejumlah kurang lebih Rp. 107.106.000.000,“ terangnya.

Baca: Herry Kiswanto Ungkap Alasan Mundur dari PSS Sleman

Bupati Sleman, Sri Purnomo yang juga membuka langsung acara tersebut menyampaikan bahwa PKH sangatlah bermanfaat bagi keluarga miskin dan rentan miskin di Kabupaten Sleman.

“Saat ini, Kabupaten Sleman telah memiliki 195 orang pendamping PKH. Program PKH sendiri lahir untuk memutus mata rantai kemiskinan. Yang mana bidang yang dinaungi PKH sendiri ada dibidang pendidikan dan kesehatan,” terangnya.

Bupati berharap, dengan peringatan 1 Dasawarsa PKH, bisa lebih meningkatkan semangat PKH dalam mengurangi angka kemiskinan dan peningkatan pendidikan serta kesehatan di wilayah Sleman. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved