Ujian Nasional 2018

Kemendikbud Sebutkan Pengumuman Kelulusan UNBK DIlaksanakan di Sekolah

Dari MKKS inilah baru pihak sekolah menerima hasil untuk kemudian disampaikan kepada para siswa.

Kemendikbud Sebutkan Pengumuman Kelulusan UNBK DIlaksanakan di Sekolah
TRIBUNJOGJA.COM / Bramasto Adhy
Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK N 1 Yogyakarta, Senin (2/4/2018). Sebanyak 5282 siswa Sekolah Menengah Kejuruhan serentak mengikuti ujian UNBK di hari pertama dengan mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia. 

TRIBUNJOGJA.COM - Panitia pusat Ujian Nasional (UN) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tidak menyediakan pengumuman hasil UN secara online (daring).

Pengumuman ini telah disampaikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kemarin malam melalui akun resmi instagram kemdikbud.ri, Selasa (1/5/2018).

Menurut Kemendikbud, hasil UN untuk tingkat SMA/SMK dan sederajat telah diserahkan oleh panitia pusat ke Dinas Pendidikan Provinsi pada Senin, 30 April 2018 lalu pukul 16.00 WIB, di Jakarta.

Adapun alur pengumuman UN adalah sebagai berikut: dari panitia pusat hasil UN diberikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi.

Dari Dinas Pendidikan Provinsi hasil UN disebarkan ke setiap kota atau kabupaten melalui Cabang Dinas atau Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Dari MKKS inilah baru pihak sekolah menerima hasil untuk kemudian disampaikan kepada para siswa.

Jadi hasil pengumuman hasil UN untuk peserta didik dilakukan melalui sekolah bukan oleh pusat melalui online seperti berita yang beredar belakangan ini.

Pihak Kemendikbud mempersilahkan para siswa untuk melihat pengumuman di sekolah masing-masing.

Tahun 2018 pelaksanaan UN telah diikuti oleh 8,1 juta peserta untuk tingkat SMP dan SMA. Sebanyak 1.485.302 SMK dan 1.983.568 SMA telah melaksanakan UN.

Pelaksanaan peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK) pun mengalami peningkatan hingga 166 persen dibanding tahun lalu. Tahun ini 6.293.552 siswa mengikuti UNBK dibanding angka tahun lalu 3.782.453 siswa.(*)

 

Editor: ton
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved