Blak-blakan! Pengakuan Begal Lintas Provinsi yang Sering Beroperasi di Jateng

Begal ini kerap kali berpakaian necis untuk menyamarkan aksi kejahatannya. Ia mengaku kerap beroperasi lintas provinsi

Blak-blakan! Pengakuan Begal Lintas Provinsi yang Sering Beroperasi di Jateng
net
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.com, SEMARANG -  Mengenakan pakaian rapih dengan kemeja, celana panjang, sepatu, serta topi, Boby, bukan nama sebenarnya, bercerita pengelamannya menjadi pelaku kriminal, yaitu jambret, begal, hingga pembobol rumah mewah.

Ia mengaku sengaja berpenampilan necis seperti itu untuk menghindari kecurigaan orang ketika menjalankan aksi.

Berkat bantuan narasumber penghubung, Tribun Jateng berkesempatan secara ekslusif mewawancarai pelaku kejahatan lintas provinsi yang masih aktif itu di sebuah angkringan pinggir jalan, sebelum ia berangkat 'kerja'.

Boby bercerita, profesi sebagai jambret, begal, dan pembobol rumah telah dijalaninya sejak dua tahun lalu. Siang hari membobol rumah, lalu malamnya dilanjut menjambret atau membegal.

Khusus di wilayah Kota Semarang, kawasan favoritnya adalah daerah timur, seperti Tlogosari, Gayamsari, dan Jalan Arteri Soekarno-Hatta. Daerah itu dipilih karena relatif sepi. Selain itu, banyak jalur tikus yang semakin memudahkannya ketika bekerja.

Sebelum beraksi, Boby lebih dulu menentukan wilayah sasaran atau mangsa dengan cara berkeliling mengendarai sepeda motor.

Tujuannya untuk mengenal medan, mulai dari jalur keluar masuk hingga alternatif arah melarikan diri, sehingga ketika terjadi kondisi darurat tak perlu pikir panjang.

Bobby biasa menyebut ketiga profesinya itu dengan istilah begal, tarikan (jambret), dan bobol (mencuri rumah).

Dalam menjalankan aksi, Boby biasanya ditemani seorang rekan yang bertugas sebagai pengawas.

Ia biasa menyebutnya dengan istilah si-penjaga game. Tugasnya selain sebagai driver juga untuk mengawasi kondisi di luar rumah ketika dirinya sedang membobol rumah.

Halaman
1234
Editor: mon
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved