Ekonomi

Faktor Eksternal Sebabkan Rupiah Terus Merosot, Hampir Tembus Rp14.000 per Dollar AS

Nilai tukar rupiah awal pekan ini tercatat sempat menyentuh posisi Rp13.921 per dollar AS, atau melemah 0,13 persen dibanding dengan akhir pekan lalu.

Faktor Eksternal Sebabkan Rupiah Terus Merosot, Hampir Tembus Rp14.000 per Dollar AS
KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Agusman 

TRIBUNJOGJA.COM - Nilai tukar rupiah awal pekan ini tercatat sempat menyentuh posisi Rp13.921 per dollar AS, atau melemah 0,13 persen dibanding dengan akhir pekan lalu.

Merosotnya nilai tukar rupiah ini menurut Bank Indonesia adalah faktor eksternal.

" Rupiah ini lebih banyak faktor eksternal ya. Kami lihat, nilai tukar dollar sudah mulai menguat, major maupun emerging currencies. Begitu juga yield di global, khususnya US treasury, sekarang sudah makin mendekati 3 persen," kata Direktur Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia Rahmatullah saat ditemui di kantornya, Senin (23/4/2018).

Dia mengungkapkan, faktor lain yang cukup signifikan adalah antisipasi para pelaku pasar global terhadap kemungkinan kenaikan Fed Fund Rate hingga empat kali dalam tahun ini.

Sebelumnya, kemungkinan kenaikan Fed Fund Rate diprediksi hanya tiga kali pada Maret, Juni, dan Desember.

Meski begitu, Rahmatullah mengimbau pelaku pasar dalam negeri untuk tidak khawatir.

Kondisi saat ini, di mana dollar AS menguat terhadap rupiah, sudah sering dialami dan dapat ditangani dengan baik sehingga nilai tukar rupiah terhadap dollar AS kembali stabil ke nilai fundamentalnya.

"Kami kan sudah sering lihat yang dollar AS menguat, kemudian turun lagi. Ini sangat terbuka kemungkinan bahwa dollar secara global akan terkoreksi melemah," tutur Rahmatullah. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rupiah Hampir Rp 14.000 Per Dollar AS, BI Sebut Faktor Eksternal Lebih Dominan", 

Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved