UPT Trans Jogja Siapkan Desain Halte Baru

Hal itu, sebagai respon atas aduan KP4 kepada Ombudsman RI (ORI) Perwakilan DIY, terkait peletakan halte, yang dinilai mengganggu fungsi trotoar.

UPT Trans Jogja Siapkan Desain Halte Baru
Facebook Ombudsman RI DIY
Foto yang diunggah oleh akun facebook Ombudsman RI Perwakilan DI.Yogyakarta ini memperlihatkan fasilitas publik untuk difabel yang tidak tepat, Senin (23/10/2017). Terlihat jalan untuk masuk ke Halte KHA Dahlan 1, Jl. KHA Dahlan, Kota Yogyakarta terhalangi pembatas pohon pada bahu jalan. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - UPT Trans Jogja menyiapkan desain baru halte bus, yang lebih ramah.

Hal itu, sebagai respon atas aduan KP4 kepada Ombudsman RI (ORI) Perwakilan DIY, terkait peletakan halte, yang dinilai mengganggu fungsi trotoar.

Kepala UPT Trans Jogja, Sumariyoto, mengatakan bahwa pihaknya tidak akan tinggal diam dalam menyikapi permasalahan tersebut.

Karena itu, besar kemungkinan, perombakan halte akan dilakukan, dengan mengedapankan akses bagi pejalan kaki.

"Kami sudah sampaikan ke Ombudsman, kalau akan mencoba desain halte yang lebih ramah. Dalam artian, pejalan kaki bisa lewat situ, penyandang disabilitas juga bisa, meski nanti sedikit terganggu karena tanjakan. Tapi, bisa lewat situ," katanya, Jumat (23/3/2018).

Sumariyoto menuturkan, wacana perubahan tersebut, sepenuhnya untuk memberi akses yang lebih baik bagi para pejalan kaki.

Baca: Gunakan Trotoar, UPT Trans Jogja Anggap Haltenya Tidak Salahi Aturan

Akan tetapi, ia memastikan, ukuran halte tidak akan diperkecil.

Sebaliknya, halte akan diperlebar, namun dengan desain yang lebih terbuka.

"Jadi, ada tambahan ram di bagian kanan dan kiri. Tapi ram itu landai nanti. Sehingga, tidak hanya pejalan kaki, misalnya, penguna kursi roda juga bisa lewat situ, meski tidak naik Trans Jogja," tuturnya.

Halaman
123
Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved