Breaking News:

Pembuatan SIM A Umum Bersubsidi Dilakukan 1 Bulan dan Marathon di 10 Kota

Pemerintah ingin driver menerapkan keselamatan dalam membawa penumpang umum, sesuai peraturan, driver wajib punya SIM A umum.

Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Pradito Rida Pertana
Kapolri dan Menhun saat menyerahkan SIM A umum bersubsidi kepada seorang driver online yang lolos tes, Minggu (11/3/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sekitar jam 12 siang, iring-iringan mobil dari arah barat nampak berbelok dan memasuki Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polresta Yogyakarta, Minggu (11/3/2018).

Sesampainya di halaman depan Satpas Polresta Yogyakarta, mobil tersebut berhent, nampak Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Ir Budi Karya Sumadi turun dari masing-masing mobil yang membawanya.

Tak berselang lama, kedua orang tersebut langsung meninjau proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) A umum bersubsidi yang diikuti puluhan driver online.

Rombongan Kapolri dan Menhub pun langsung meninjau beberapa ruangan yang digunakan dalam proses pembuatan SIM tersebut.

Selain meninjau proses pembuatan SIM tersebut, baik Kapolri dan Menhub menyerahkan SIM A umum bagi driver yang telah lolos saat mengikuti tes tersebut.

Proses peninjauan pembuatan SIM A umum bersubsidi di Satpas Polresta Yogyakarta oleh Kapolri dan Menhub tak sampai satu jam.

Usai meninjau dan menyerahkan SIM tersebut kepada driver online yang lulus.

Menhub mengatakan, kegiatan pembuatan SIM A umum bersubsidi ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Menurutnya, dengan kepemilikan SIM tersebut dapat sebagai simbol berkendara yang berkesalamatan khususnya dalam mengantar penumpang angkutan online ke tempat tujuannya.

"Pemerintah ingin sekali driver menerapkan keselamatan dalam membawa penumpang umum, sesuai peraturan, driver wajib punya SIM A umum. Oleh karenanya, kita lakukan kegiatan subsidi SIM A umum yang dananya dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dan dari CSR (Corporate Sosial Responsibility). Kegiatan ini digelar marathon di 10 kota dan sepenuhnya dibantu oleh Kapolri dan Kapolda yang berada di 10 kota," katanya, Minggu (11/3/2018).

Lanjut Menhub, 10 Kota di Indonesia yang melakukan kegiatan serupa antara lain Kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Unjung Pandang, Medan, Pekanbaru dan Palembang.

Selain itu, Menhub juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Kapolri, Kapolda dan semua unsur-unsur Polri yang telah memberi dukungan luar biasa dalam terselenggaranya kegiatan ini.

Dikatakan Menhub, dengan adanya kegiatan ini diharapkan para driver online dapat memanfaatkannya, mengingat pembuatan SIM dengan subsidi ini memiliki tenggat waktu tertentu.

"Dengan kegiatan ini kita ingin semua driver online dan konvensional punya Sim A umum. Kita beri waktu 1 bulan ini, dan untuk kegiatan ini kita lakukan marathon di 10 Kota yang ada di Indonesia," jelasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved