Bitcoin Perlu Diatur dalam Regulasi

Bitcoin dapat digunakan untuk bertransaksi kapan saja, oleh siapa saja, di mana dan ke mana saja secara cepat dan mudah.

Bitcoin Perlu Diatur dalam Regulasi
sky news
Ilustrasi mata uang virtual atau mata uang kripto, salah satunya yakni bitcoin 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Center for Digital Society (CfDS) UGM mencoba membongkar isu tren Bitcoin dalam DigiTalk #13 bertajuk "Bitcoin, Investasi Digital atau Ancaman Gelembung?" Senin (26/2/2018).

Kegiatan ini dilakukan lantaran bitcoin merupakan salah satu cryptocurrency atau mata uang digital yang saat ini tengah mendulang popularitas di Indonesia, namun pemahaman tentang Bitcoin di Indonesia masih sangatlah minim.

Bitcoin dan cryptocurrency lainnya juga menjadi opsi yang menjanjikan karena sifatnya yang mirip emas.

Bitcoin dapat digunakan untuk bertransaksi kapan saja, oleh siapa saja, di mana dan ke mana saja secara cepat dan mudah.

Baca: Perlu Ada Regulasi yang Mengatur Bitcoin

Namun demikian, pemateri diskusi Nidya Rahmanita, selaku Lead Consultant dan perwakilan dari Bitcoin Indonesia mengatakan bahwa penggunaan Bitcoin tidak lepas dari risiko.

"Tentu saja ada risiko yang tinggi, terlebih dengan status Bitcoin yang belum diakui dan regulasi yang masih belum ada," terangnya.

Menurutnya, dengan regulasi yang jelas maka akan memungkinkan bagi Indonesia untuk mengatur penarikan pajak sehingga pemasukan negara juga bertambah.

Bitcoin yang menggunakan teknologi blockchain menjadikannya berbeda dari digital money serta digital currency.

Baca: Harga Bitcoin Kembali Terjun Bebas

Pemanfaatan teknologi blockchain yang mencatat semua transaksi secara publik juga memudahkan pemerintah untuk memonitor transaksi mencurigakan, seperti korupsi, pencucian uang, dan pendanaan aksi terorisme.

"Apabila kita tidak segera meregulasi Bitcoin di Indonesia, Indonesia sendiri akan semakin tertinggal dari negara-negara lain," tandasnya.

Lebih jauh, bitcoin didapatkan dengan cara ditambang (mining) secara otomatis dengan super computer, serta tidak dapat dipalsukan maupun dihancurkan.

Selain itu pengguna juga bisa mendapatkan Bitcoin dari website faucet atau membeli melalui market place seperti PT Bitcoin Indonesia. Jumlahnya yang terbatas dan tingginya peminat di seluruh dunia menjadikan nilai Bitcoin terus naik dan potensinya semakin menjanjikan.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved