BGR Angkut 79.800 Kg Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Pupuk

BGR menilai bahwa jasa logistik untuk limbah B3 maupun non-B3 merupakan sebuah pasar logistik yang potensial.

BGR Angkut 79.800 Kg Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Pupuk
internet
PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik melakukan pekerjaan pengangkutan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) pupuk yang dibeli oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI.

BGR menilai bahwa jasa logistik untuk limbah B3 maupun non-B3 merupakan sebuah pasar logistik  yang potensial.

Sebagai sebuah BUMN penyedia jasa logistik, BGR telah memiliki kemampuan sebagai penyedia jasa pengangkutan limbah baik B3 maupun Non B-3.

Manager BGR Cabang Palu, Frans Elia Kusuma, menjelaskan bahwa pengangkutan tersebut merupakan bentuk sinergi badan usaha milik negara (BUMN) antara BGR dengan PPI terkait pengangkutan cairan limbah pupuk.

BGR dipercaya untuk mengangkut limbah pupuk dari salah satu gudang perusahaan pupuk cair di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tenggara, melalui jalur darat menuju Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir, Luwuk, Banggai.

“Besar muatan limbah pupuk yang diangkut yakni sebanyak 79.800 kg,” jelas Frans.

Lebih lanjut, Frans mengungkapkan bahwa selanjutnya limbah B3 tersebut akan didistribusikan ke Kota Banda Aceh untuk diolah kembali. 

Sementara itu, Plt Direktur Utama BGR, M Taufik Hidayat, menambahkan sepanjang tahun 2017 pendapatan dari jasa pengangkutan limbah atau unit usaha yang disebut Waste Integrated Solution (WIS)  tercatat sebesar Rp 50,79 miliar atau tumbuh 678,28 % dibanding tahun 2016.

“Jasa layanan ini merupakan jasa layanan baru di BGR yang mulai berjalan pada 2016,” jelas Taufik

Sebagai informasi, pada tahun 2017 lalu BGR telah bekerjasama dengan PLN untuk pengangkutan limbah non-B3 (bahan berbahaya dan beracun) berupa Aset Tetap Tidak Beroperasi (ATTB) milik PLN.

Dengan dipercayanya BGR sebagai penyedia jasa angkutan limbah B3 maupun non-B3, semakin membuktikan BGR sebagai penyedia jasa logistik yang bisa melayani kebutuhan logistik berbagai macam  industri.(tribunjogja.com)

Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved