Stadion Moch Soebroto Layak Jadi Ajang Kompetisi Nasional sampai Internasional

Dari sisi kapasitas tribun barat, selatan dan timur sudah mampu menampung sekitar 16.000 hingga 20.000 penonton.

Stadion Moch Soebroto Layak Jadi Ajang Kompetisi Nasional sampai Internasional
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Penampakan bangunan Stadion Moch Soebroto Kota Magelang yang sudah siap digunakan sebagai homebase PSIS Semarang dan ajang kompetisi liga satu nasional, Rabu (3/1/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Stadion Moch Soebroto Kota Magelang dinilai sangat layak untuk dipergunakan untuk kompetisi liga satu nasional, bahkan laga setaraf  internasional.

Stadion tipe A atau madya tersebut mampu menampung lebih dari 20.000 penonton, kualitas rumput standar internasional.

Kepala Seksi Penataan Bangunan dan Lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Magelang, Wisnu Chrisna Hidayat, mengatakan, stadion Moch Soebroto dinilai sangat layak untuk digunakan laga untuk kompetisi liga satu nasional.

Hal ini dilihat dari pembangunan stadion yang menggunakan anggaran yang tidak sedikit, hampir Rp 90 miliar lebih.

Stadion tipe madya tersebut juga telah menggunakan standar rumput internasional.

"Sejak awal dibangun tahun 2008 lalu, stadion sudah menggunakan standar rumput internasional. Pembangunannya pun dilakukan secara matang, menggunakan anggaran yang tidak sedikit. Perawatan saja membutuhkan anggaran Rp 700 juta per tahun, stadion sudah sangat layak dan siap," ujar Wisnu, Rabu (3/1/2018).

Wisnu mengatakan, dari sisi kapasitas  tribun barat, selatan dan timur sudah mampu menampung sekitar 16.000 hingga 20.000 penonton.

Rinciannya secara normal, tribun barat termasuk VIP mampu menampung 6.000 penonton, tribun timur 6.000 penonton dan tribun selatan 4.000 penonton. 

"Kapasitas stadion dapat menampung sekitar 20ribu penonton lebih. Belum lagi ditambah tribun utara, yang direncanakan akan dibangun," ujarnya.

Lanjut Wisnu, stadion Moch Soebroto pun akan terus disempurnakan dengan rencana pembangunan tribun utara yang membutuhkan anggaran Rp 18 miliar serta penambahan sarana prasarana lainnya sebesar Rp 20 miliar.

"Jika saat ini tempat duduk masih berupa plester bertingkat kedepan juga tidak menutup kemungkinan akan dipasang bangku penonton. Kami akan terus sempurnakan," ujarnya.

Stadion Moch Soebroto memiliki total 11 pintu masuk yaitu tribun barat 5 pintu, tribun timur 3 dan selatan 3 pintu.

Stadion juga memiliki 17 kamar toilet dan juga memiliki sekitar 20 ruangan kosong yang bisa untuk ruang ganti pemain, ruang wasit, ruang media dan lainnya.

Fasilitas parkir juga mampu menampung sekitar 1.000 sepeda motor dan sekitar 100 roda empat.(*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved