Breaking News:

KPU Kota Yogyakarta Verifikasi Langsung ke Kantor Partai

Seluruh proses verifikasi faktual akan dilakukan hingga 4 Januari 2018 dan hasilnya akan disampaikan langsung ke KPU RI.

Penulis: gil | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Ikrar Gilang
Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dua partai baru calon peserta Pemilu Legislatif 2019 menjalani verifikasi faktual oleh KPU Kota Yogyakarta pada Rabu (20/12/2017).

Di Kota Yogyakarta ada 11 parpol yang memenuhi syarat pada tahap penelitian administrasi, namun hanya dua partai politik yang harus menjalani proses verifikasi faktual yaitu Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Keduanya adalah partai baru yang belum pernah mengikuti Pemilu.

Peraturan KPU (PKPU) menyebutkan verifikasi faktual hanya berlaku bagi partai baru, sedangkan partai politik lama hanya perlu melakukan proses penelitian administrasi.

Komisioner KPU Kota Yogyakarta Sri Surani mengatakan, KPU mengawali proses verifikasi faktual dengan melakukan pencocokan data terkait domisili kantor, susunan kepengurusan, hingga pemenuhan 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan partai.

"Untuk aspek kepengurusan, kantor dan keterwakilan perempuan sudah memenuhi syarat. Selanjutnya, kami akan melakukan verifikasi faktual terhadap keanggotaan partai," ujar Sri saat verifikasi ke Kantor DPD Perindo Yogyakarta pada Rabu (20/12/2017).

Baca: KPU Kota Yogya Hanya Terima Berkas Tiga Parpol

KPU Kota Yogyakarta akan melakukan verifikasi faktual terhadap 93 anggota Partai Perindo dan 44 anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Penentuan sampel verifikasi dilakukan secara acak.

"Karena dipilih secara acak oleh sistem, maka domisili anggota partai yang akan diverifikasi tidak merata di seluruh kecamatan," sebutnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved