Resmi! Nitilaku Perguruan Kebangsaan Berangkat dari Keraton ke Bulaksumur

Peserta Nitilaku Perguruan Kebangsaan 2017 telah berangkat dari Pagelaran Keraton Yogyakarta menuju Bulaksumur sekira pukul 06.50 WIB.

Resmi! Nitilaku Perguruan Kebangsaan Berangkat dari Keraton ke Bulaksumur
tribunjogja/tantowi alwi
Nitilaku Perguruan Kebangsaan 2017: Pawai Kebangsaan Simbolisasi Sejarah UGM resmi dimulai, Minggu (17/12/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Tantowi Alwi

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Nitilaku Perguruan Kebangsaan 2017: Pawai Kebangsaan Simbolisasi Sejarah UGM resmi dimulai, Minggu (17/12/2017).

Peserta Nitilaku Perguruan Kebangsaan 2017 telah berangkat dari Pagelaran Keraton Yogyakarta menuju Bulaksumur sekira pukul 06.50 WIB.

"Ini merupakan peristiwa yang penting, kita dibesarkan jadi orang seperti ini karena UGM. Semoga menjadi kenangan kita untuk berbuat sesuatu untuk negara kita," kata Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya.

Selanjutnya, Rektor UGM, Panut Mulyono mengatakan Nitilaku merupakan cara untuk mengenang dan berterima kasih kepada Keraton Yogyakarta.

"Pada awal berdirinya UGM dahulu, Sultan HB IX meminjamkan Pagelaran Keraton untuk proses pembelajaran UGM.Semoga UGM menghasilkan pemimpin-pemimpin yang banyak berjasa untuk Indonesia," kata Rektor UGM.

Ia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Keluarga Besar Alumni UGM (KAGAMA) karena sudah mengorganisir kegiatan Nitilaku dengan baik.

"Dan semoga UGM terus berkontribusi kepada bangsa dan negara," tutupnya.

Ganjar Pranowo, Ketua KAGAMA juga mengatakan Nitilaku merupakan cara untuk merasakan denyut nadi perjalanan UGM.

"Tentu sejarah panjang UGM yang bersekolah di UGM pasti tidak bisa dilupakan. Kampus, Kampung, Keraton sebuah konsep yang sangat mengingatkan tugas intelektual di kampung-kampung kita," kata Ganjar Pranowo dalam sambutannya.

Setelah doa yang dipimpin oleh Ustadz Wijayanto, rombongan pawai resmi diberangkatkan dan dilepas oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Kegiatan Nitilaku ini akan berakhir di Bulaksumur, di mana sepanjang rute pawai akan ada hiburan dari 20 panggung sebagai representasi 18 Fakultas dan 2 Sekolah di UGM.

Sesampai di Bulaksumur, akan dilaksanakan prosesi penyerahan Pataka, dilanjutkan dengan resepsi makan pagi di lapangan Pancasila, depan GSP UGM ditemani dengan 5 Panggung Pancasila.

Adapun rute Nitilaku sebagai berikut:
Pagelaran Keraton Yogyakarta – Jl. Malioboro – Jl. Margo Utomo – Tugu belok ke timur – Jl. Sudirman – belok arah utara Jl. C Simanjuntak – Jl. Persatuan – Balairung UGM – Lap Grha Sabha Pramana UGM. (*)

Penulis: Tantowi Alwi
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved