Krisis Palestina

Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata

Berdasarkan Global Military Index, Israel memiliki anggaran pertahanan hingga 15,5 Miliar Dolar AS. Salah satunya ini digunakan untuk membangun

Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
IST
Ilustrasi Iron Dome 

TRIBUNJOGJA.COM, TEL AVIV - Ketegangan di kawasan Jalur Gaza kian meningkat menyusul pernyataan kontroversial Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Pekan lalu, Trump mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Pernyataan ini diikuti pula oleh pemindahan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem.

(Gulir ke bawah untuk melihat video bagaimana Kubah Besi bekerja)

Pernyataan kontroversial itu pun menuai kecaman dunia. Bahkan PBB menilai bahwa langkah itu akan mengganggu resolusi perdamaian antara Palestina dan Israel. Sebaliknya, hal ini justru akan meningkatkan ketegangan antara keduanya.

Kini, hal itu sudah terbukti.

Korban warga Palestina terus berjatuhan. Mereka yang berunjuk rasa dengan melempar batu dibalas dengan tembakan peluru tajam. Dua orang tewas tertembak dalam unjuk rasa pekan kemarin tak lama setelah pernyataan Trump.

Sikap tegas juga ditunjukkan oleh negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Mereka sepakat untuk membulatkan suara membela Palestina.

Bahkan dalam pernyataannya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi di Kota Amman, Yordania Senin (11/12/2017) menegaskan bahwa OKI tak hanya menolak kebijakan AS, tapi juga mendukung penuh atas kemerdekaan Palestina.

Adapun, diluar benar dan tidaknya Duo 'Israel - Amerika Serikat' ini, Israel memang bukanlah negara yang bisa dipandang sebelah mata, lantaran memiliki kekuatan militer yang tak bisa diremehkan.

Berdasarkan Global Military Index, Israel memiliki anggaran pertahanan hingga 15,5 Miliar Dolar AS.

Salah satunya ini digunakan untuk membangun infrastruktur pertahanan terhadap serangan dari luar.

Halaman
123
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved