Breaking News:

KPU Sleman Lakukan Tahap Penelitian Administrasi

Pada 1 sampai 15 November KPU Sleman akan fokus pada klarifikasi ke lapangan.

TRIBUNJOGJA.COM / Arfiansyah Panji
KPU Sleman lakukan penelitian administrasi. Penelitian administrasi tersebut berlangsung sejak 17 Oktober hingga 15 November mendatang. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Komisioner Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Imanda Yulianto menjelaskan saat ini pihaknya tengah dalam tahap penelitian administrasi 17 partai politik (Parpol) Pemilu 2019.

Penelitian administrasi tersebut berlangsung sejak 17 Oktober hingga 15 November mendatang.

"Penelitian administrasi sampai 15 November. Data yang kita lakukan sebagai dasar penelitian administrasi menunggu dari KPU RI selesai melakukan administrasi kegandaan di pusat," jelasnya pada Tribunjogja.com, Selasa (24/10/2017).

Imanda menjelaskan yang dimaksud kegandaan adalah satu nama tercatat di dua Parpol berbeda.

Dan indikasi tersebut dapat terlihat di sistem informasi partai politik (Sipol) pusat.

"Kalau Parpol entri satu nama dimasukan dua kali itu akan terdeteksi di partai tersebut. Tapi satu nama di partai A dan nama yang sama di partai B itu tidak bisa dilihat di masing-masing partai. Yang bisa melihat KPU RI melalui sipol," ujarnya pada Tribunjogja.com, Selasa (24/10/2017).

"Data diolah dan Jumat kemarin diserahkan ke daerah. Sabtu kita download, mengolah dan proses print baru kemarin. Hari ini kita sandingkan dengan berkas yang diberikan parpol kabupaten/kota dengan KPU kabupaten/kota," paparnya.

Imanda menjelaskan, pihaknya menargetkan penelitian administrasi seperti KTP tidak terbaca jelas, anggota Parpol merupakan PNS/TNI/Polri, dan lain sebagainya akan selesai pada 31 Oktober ini.

Sementara pada 1 sampai 15 November KPU Sleman akan fokus pada klarifikasi ke lapangan.

"Kita juga diwajibkan turun ke lapangan menemui nama-nama terindekasi ganda antar partai. Klarifikasi ke lapangan temui orangnya dan memastikan orang tersebut akan memilih di Parpol," cetusnya.

Halaman
12
Penulis: app
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved