Breaking News:

Pengajian Akbar akan Menjadi Pembukaan Rangkaian Upacara Adat Ki Ageng Wonolelo

Pengajian akbar oleh Al Ustadz H Habib Mussofha dari Cilacap Jawa Tengah menjadi penanda pembukaan rangkaian upacara adat tersebut.

Penulis: app | Editor: Ari Nugroho
Tribun Jogja/Angga Purnama
ILUSTRASI: Ribuan warga memadati sebidang tanah lapang di samping kompleks makam Ki Ageng Wonolelo, di Dukuh Pondok, Widodomartani, Ngemplak, Jumat (28/11/2014) sore. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Rangkaian Upacara Adat Ki Ageng Wonolelo di Pondok Wonolelo, Widodomartani, Ngemplak, Sleman akan digelar 13 Oktober hingga 28 Oktober mendatang.

Upacara Adat Saparan dan Kirab Pusaka Ki Ageng Wonolelo ini digelar sebagai upaya mengajak generasi muda untuk lebih memahami seni budaya yang adiluhung.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, HY Aji Wulantara menjelaskan pengajian akbar oleh Al Ustadz H Habib Mussofha dari Cilacap Jawa Tengah menjadi penanda pembukaan rangkaian upacara adat tersebut.

"Pengajian akbar tersebut dimaksudkan sebagai upaya meneruskan perjuangan Ki Ageng Wonolelo sebagai ulama besar dan penyebar agama Islam Sedangkan puncak acara yang berupa Kirab Pusaka Ki Ageng Wonolelo akan dilangsungkan pada Jumat Kliwon 27 Oktober mendatang," ujarnya, Kamis (12/10/2017).

Baca: Rangkaian Upacara Adat Ki Ageng Wonolelo akan Digelar pada 13-28 Oktober 2017

Sederet kegiatan akan hadir dalam puncak upacara adat pada tanggal 27 Oktober tersebut, misalnya kirab pusaka Ki Ageng Wonolelo, kirab Gunungan, Kirab Keprajuritan, tari dan fragmen serta penyebaran apem sebagai simbolisme sedekah untuk diperebutkan oleh pengunjung yang dianggap dapat mendatangkan keberkahan hidup.

Sedangkan penutupan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2017 dengan pementasan orkes melayu Lathansa dan Wayang Kulit dengan dalang Ki Sritanto. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved