Peringati 1 Muharram, Warga Patihan Bantul Gelar Kirab

Berbagai kalangan pun dilibatkan dalam kirab siang tadi, petani, PKK setempat, pokdarwis hingga kelompok budi daya penyu pantai Goa Cemara.

Peringati 1 Muharram, Warga Patihan Bantul Gelar Kirab
TRIBUNJOGJA.COM / Hening Wasisto
Peserta kirab budaya saat memasuki pantai Goa Cemara Patihan Gadingsari Sanden Bantul, Kamis (21/9/2017). Warga Pantai Goa Cemara Patihan Bantul mempunyai agenda rutin upacara adat tradisi yang dilaksanakan setiap 1 Muharram. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - 1 Muharram 1439 Hijiriah yang jatuh pada Kamis (21/9/2017) hari ini disambut suka cita oleh ratusan warga Patihan Gadingsari, Sanden, Bantul.

Hal itu tergambar jelas dalam perayaan upacara adat tradisi yang rutin mereka gelar tepat di tanggal 1 Muharram.

Semua warga larut dalam euforia kebahagiaan.

Mengenakan pakaian adat jawa dan berbagai piranti pendukung lainnya, mereka kompak melakukan kirab siang ini.

Berbagai kalangan pun dilibatkan dalam kirab siang tadi, petani, PKK setempat, pokdarwis hingga kelompok budi daya penyu pantai Goa Cemara.

Mengambil start di rumah Dukuh setempat peserta kirab selanjutnya menuju ke pantai Goa Cemara.

Terik panas matahari seakan bukanlah penghalang, terbukti di sepanjang perjalanan ratusan peserta ini tak henti-hentinya menari.

Penonton yang sudah menunggu sedari pagi pun terhibur dengan aksi-aksi mereka.

Selain menampilkan kebolehan menari, tak ketinggalan arak-arakan gunungan hasil bumi, ingkung ayam, nasi tumpeng, replika penyu dan paus raksasa, hingga dua ekor kambing ditampilkan.

Ketua Pokdarwis setempat, Sukatno mengungkapkan, pihaknya mengajak semua elemen yang ada di Patihan untuk ikut serta dalam kegiatan siang tadi.

"Kami ajak semua elemen yang ada di Patihan untuk bersuka cita menyambut tahun yang baru ini," katanya, Kamis (21/9/2017).(*)

Penulis: sis
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved