Inspirasi

Jokowi Mantan Mahasiswa Kehutanan UGM. Blasakan, Blusukan, Keblasuk-blasuk

Sebagai mantan mahasiswa UGM Jurusan Kehutanan, Presiden Joko Widodo dipastikan sudah biasa keluar-masuk hutan yang di daerah Jawa Tengah

Jokowi Mantan Mahasiswa Kehutanan UGM. Blasakan, Blusukan, Keblasuk-blasuk
IST
Jokowi saat menjadi anggota pencinta alam. 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai mantan mahasiswa UGM Jurusan Kehutanan, Presiden Joko Widodo dipastikan sudah biasa keluar-masuk hutan yang di daerah Jawa Tengah dikenal sebagai blasakan.

Banyak ibu-ibu di Jawa Tengah juga sering menasihati anaknya agar tidak blasakan di hutan karena bisa digigit ular.

Tapi ada juga nasehat jangan suka blasakan nanti bisa keblasuk-blasuk atau tersesat.

Kata keblasuk-blasuk dalam kalimat ini dapat berarti masuk hutan ke sana ke mari hingga tak tahu arah.

Namun ada juga nasihat jangan main-main di daerah berlumpur, kotor, dan kumuh nanti bisa keblusuk-blusuk lumpur. Kata keblusuk-blusuk bisa berarti terperosok dalam lumpur sampai berkali-kali.

Kembali kepada kegemaran saat masih mahasiswa, aktifitas blasakan Jokowi sebagai “orang kehutanan” itu bisa dipastikan berlangsung saat penelitian atau mendaki gunung. Apalagi Jokowi juga dikenal sebagai anggota pecinta alam.

Ketika kemudian Jokowi sukses menjadi Gubernur DKI, aktifitas blasakan di hutan-hutan itu tetap dilaksanakan di belantara beton Jakarta.

Tapi sebagai ‘’orang kota’’ aktifitas blasakan yang difokuskan ke tempat-tempat yang jarang dikunjungi orang apalagi pejabat itu berubah menjadi blusukan.

Jadi ketika blasakan di hutan Jokowi tidak berpikir harus menemukan apa, tapi sewaktu blusukan Jokowi harus bisa menemukan sesuatu dan sekaligus solusinya.

Kata blusukan akhirnya menjadi sangat populer meskipun untuk menemukan kata yang tepat untuk Bahasa Indonesia yang bermakna blusukan tetap sulit.

Halaman
12
Editor: iwe
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved