PKL Jangan Buang Limbah Sembarangan di Malioboro

Para PKL harus ditata lalu diberikan pendidikan tentang berperilaku agar tidak melanggar peraturan yang ada.

PKL Jangan Buang Limbah Sembarangan di Malioboro
tribunjogja/kurniatul hidayah
Bollard Bulat Teraso yang berada di sisi utara Inna Garuda Malioboro. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta, Sulistyo mengaku telah mengakui adanya Pedagang Kaki Lima (PKL) yang membuang limbah di pedestrian Malioboro yang baru saja diresmikan.

Persoalan tersebut adalah persoalan pola pikir masyarakat.

"Saya sudah mengetahui hal tersebut dan sudah mengkoordinasikan dengan UPT Malioboro untuk dilakukan tindakan selanjutnya," ujar Sulistyo pada Selasa (27/12/2016).

Ia mengatakan bahwa para PKL harus ditata lalu diberikan pendidikan tentang berperilaku agar tidak melanggar peraturan yang ada.

Ia menyebut, ini masih awal sehingga masyarakat perlu dibina terlebih dahulu baru dilakukan tindakan dengan sanksi.

"Ini masih awal, besok akan ditata dan bebrapa hal harus dilakukan semisal memberikan pendidikan tentang bagaimana berjualan dengan sehat dan menjaga kebersihan sehingga PKL tidak dianggap melanggar peraturan," tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketertiban (Dintib) Kota Yogyakarta Nurwidihartana mengatakan, Malioboro masih dalam proses penataan. Saat ini sedang didorong agar aktivitas PKL sejalan dengan penyelesaian fisik pedestrian Malioboro.

"Supaya bermanfaat, disini kita bicara tentang kesadaran masyarakat, pengguna fasilitas maupun pelaku ekonomi untuk menjaga fasilitas yang dibangun pemerintah," ungkapnya.

Bila mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) nomor 26 tahun 2002 tentang Penataan Pedagang Kaki Lima, dalam pasal 8 disebutkan PKL dilarang melakukan kegiatan usaha yang menimbulkan permasalahan kebersihan, keindahan, dan pencemaran lingkungan.

Bila terbukti melanggar, PKL bisa dikenakan pelanggaran pidana dengan ancaman kurungan paling lama tiga bulan dan denda Rp 2 juta. (*)

Penulis: gil
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved