Suka Wifi Gratis? Lakukan 3 Hal Ini Supaya Tidak Kena Hacker

Kebanyakan anak muda jaman sekarang, terutama pelajar, kalau udah pergi ke tempat nongkrong, pasti langsung nyari WiFi gratis.

Suka Wifi Gratis? Lakukan 3 Hal Ini Supaya Tidak Kena Hacker
net
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Kebanyakan anak muda jaman sekarang, terutama pelajar, kalau udah pergi ke tempat nongkrong, pasti langsung nyari WiFi gratis. Hayo ngaku!

Emang sih, numpang WiFi gratis bisa bikin hemat kuota dan akses internet jadi lebih cepet. Tapi, kita semua juga tau kan bahwa numpang WiFi gratis itu bisa membahayakan gadget serta informasi akun dan password media sosial kita?

Pasalnya, gadget kita bakal sangat gampang untuk dibajak oleh para hacker yang menggunakan perangkat lunak bernama Sniffer.

Perangkat ini bisa memudahkan penggunanya untuk memindai dan memindahkan data (nama akun, password, nomer kartu kredit) dari gadget kalian ke gadget para hacker. Hiii, serem banget nggak sih?

Nggak usah khawatir, geng! Hai udah nemuin nih solusinya biar terhindar dari para peretas alias hacker yang suka jail ngebajak akun media sosial kita.

1. Matikan fitur File Sharing

Di dalam pengaturan gadget kalian, coba cari kata-kata File Sharing, lalu tinggal matikan aja fitur itu, agar para pembajak tidak dengan gampang memindahkan data-data dari gadget kita ke gadget mereka!

2. Jangan Ketik Username dan Password

Biasanya, kalian kan suka log in Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya kalau lagi numpang WiFi gratis. Nah, ini sangat berbahaya, bro!

Para pembajak, dengan menggunakan Sniffer, bisa langsung nyomot informasi username dan password kalian lho. Nggak hanya itu, mereka bisa liat log in history kalian, yang artinya tanpa username dan password pun mereka bisa log in sesuka hati.

Tapi, kalau udah terlanjur, kalian bisa langsung mengubah password kalian, so pasti hal ini bakal membantu kalian agar terhindar dari para hacker yang nyebelin itu.

3. Jangan Belanja Online

Jangan pernah belanja online ketika lagi numpang WiFi gratis, apalagi menggunakan nomor kartu kredit kalian. Bisa runyam deh semuanya nanti.

Hal ini dapat membuat para hacker mengakses situs jual beli online dan menggunakan kartu kredit kalian dengan sesuka hati. Bisa-bisa habis deh uang yang udah kalian tabung buat beliin kado gebetan hehehe. (hai-online.com)

Editor: oda
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved