Lakukan Tiga Hal Ini untuk Redakan Cedera Otot saat Berolahraga

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengurangi peradangan, kemudian mempercepat sirkulasi.

Lakukan Tiga Hal Ini untuk Redakan Cedera Otot saat Berolahraga
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Satu dua hari setelah berlatih dengan keras, Anda mengalami cedera otot sehingga memakai sepatu pun tidak mampu. Meskipun nyeri otot tidak selalu dapat dihindari, ada banyak cara efektif untuk mengurangi rasa nyeri dan membantu otot kembali normal.

Waktu adalah kunci. Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengurangi peradangan, kemudian mempercepat sirkulasi. Lakukan langkah berikut segera setelah latihan.

1. Peregangan

Fokuslah pada kelompok otot besar Anda. Peregangan setelah pendinginan berguna untuk membantu memecah racun hasil pembakaran di otot dan meningkatkan aliran darah.

2. Mandi air dingin

Banyak atlet profesional dan amatir berendam di air dingin setelah mereka berlatih keras atau berlomba.

Setiap kali Anda berolahraga, otot Anda akan membengkak, air dingin atau es dapat membantu mempercepat proses pemulihan dengan memerlancar aliran darah dan mengurangiperadangan.

Mandi air dingin memiliki efek yang sama seperti menggunakan kompres es batu untuk mengurangi pembengkakan akibat cedera.

3. Mandi dengan air hangat dan dingin

Jika Anda masih belum bisa langsung mandi air dingin setelah berlatih, mandilah dengan air hangat selama satu sampai dua menit kemudian beralih ke air dingin.

Pada awalnya shock tapi tetaplah bertahan di bawah air selama sekitar dua menit. Beralih bolak-balik antara suhu selama lima sampai enam menit, atau hingga 10 menit jika Anda punya waktu. Ini akan membantu membuang asam laktat dari tubuh, sehingga Anda pulih lebih cepat.

Selain tiga cara di atas, Anda juga bisa mengandalkan jahe atau suplemen jahe untuk membuat Anda merasa lebih nyaman.

Peneliti dari Georgia College and State University menemukan, bahwa jahe memiliki manfaat meredakan peradangan otot. Konsumsi dua gram jahe setiap hari selama 11 hari dan Anda akan merasakan manfaatnya. (*)

Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved