Soto Sumuk nan Segar dan Nikmat

Saat ini warung soto tersebut dikelola oleh generasi kedua dari si perintis.

Soto Sumuk nan Segar dan Nikmat
Tribun Jogja/ Hamim Thohari
Soto Sumuk 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hamim Thohari

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebagai kota yang bisa dibilang menjadi surganya para pecinta Soto, Yogyakarta memiliki banyak warung soto andalan.

Berada di jalan Sudirman, sebelah timur jembatan Gondolayu, atau berada di seberang McDonald, terdapat sebuah warung soto yang patut anda sambangi.

Menempati bangunan sederhana dengan ukuran yang relatif kecil, warung soto yang satu ini tampak biasa saja. Tetapi jangan salah, warung soto yang dikenal dengan nama Soto Sumuk ini begitu terkenal di kalangan masyarakat Yogyakarta.

Saat ini warung soto tersebut dikelola oleh generasi kedua dari si perintis.

Soto Sumuk

"Dulu yang pertama kali berjualan adalah bapak saya yang bernama Karjuni. Terus kemudian saat ini saya yang meneruskan," ujar Tini (58) pemilik warung soto.

Tini sendiri tidak tahu pasti kapan orangtuanya memulai berjualan soto, tetapi dirinya mengatakan bahwa warung soto tersebut telah ada lebih dari 30 tahun.

Sebelum membuka warung, Karjuni berjualan secara keliling di daerah Kotabaru hingga kawasan rumah sakit Bethesda.

Soto yang disajikan di warung makan yang setiap harinya buka dari jam 09.00 pagi hingga 15.00 tersebut adalah soto daging sapi dengan kuah bening, khas Yogyakarta. Jika dilihat sepintas, tampilan sotonya kurang menarik.

Halaman
12
Penulis: mim
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved