Breaking News:

Gerhana Matahari Total 2016

Nonton Bareng Gerhana Matahari di Tugu Pal Putih

Taman Pintar Yogyakarta akan memboyong enam teleskop untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menikmati gerhana matahari.

Telegraph
Ilustrasi Gerhana Matahari 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ikrar Gilang Rabbani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menyambut euphoria gerhana matahari yang akan menyambangi Yogyakarta, pada tanggal 9 Maret 2016 akan diadakan nonton bareng gerhana di Tugu Pal Putih. Rencananya, area tersebut akan ditutup dari mulai pukul 06.00 hingga 08.30 WIB.

"Rencananya semua akses menuju Tugu akan ditutup karena kita akan mengadakan berbagai acara semisal olahraga bersama sebelum gerhana matahari mencapai puncak," tutur Ketua Taman Pintar Yogyakarta, Yunianto Dwisutono saat ditemui Tribun Jogja, Minggu (28/2/2016).

Acara nonton bareng tersebut diadakan oleh kerja sama antara Taman Pintar Yogyakarta dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta, dan Komunitas Penjelajah Langit.

Namun Yunianto menjelaskan, penutupan jalan belum final karena masih akan merumuskan dengan dinas ketertiban dan kepolisian pada Selasa (1/3/2016) mendatang.

"Rapat hari Selasa akan membahas apakah perlu ditutup seluruh jalan menuju Tugu apa sebagian saja, tapi harapannya kita ingin ditutup sepenuhnya," tutur Yunianto

Pihak Taman Pintar Yogyakarta akan memboyong enam teleskop untuk pengamatan. Acara bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menikmati gerhana matahari.

Selain itu, BMKG rencananya akan melalukan live streaming detik-detik dan kemunculan gerhana matahari yang akan dipancar melalui videotron di Tugu Pal Putih.

"Streaming tersebut untuk melihat kondisi matahari saat gerhana terjadi tanpa perlu menggunakan teleskop atau melihat langsung, sehingga masyarakat bisa melihat tahap-tahap terjadinya gerhana dengan aman," tutur Staf Observasi BMKG Yogyakarta, Nugroho Budi Wibowo.

Menurut perhitungan BMKG, gerhana matahari mencapai puncak di langit Yogyakarta saat pukul 07.23 WIB. Yogyakarta yang kebagian gerhana matahari sebagaian, nantinya matahari akan berbentuk sabit. (tribunjogja.com)

Penulis: gil
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved