Gua Kalisuci Padukan Ekstrimnya Rafting dan Caving

Terletak di Dusun Jetis Wetan, Kelurahan Pacarejo, Kecamatan Semanu, Goa Kalisuci menawarkan wisata ekstrim bagi pengunjungnya

Penulis: Gaya Lufityanti | Editor: Ikrob Didik Irawan
Tribun Jogja/Gaya Lufityanti
Wisata di Gua Kalisuci 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA, GUNUNGKIDUL - Terletak di Dusun Jetis Wetan, Kelurahan Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gua Kalisuci menawarkan wisata ekstrim bagi pengunjungnya.

Sunyinya Gua, derasnya jeram, serta megahnya ornamen Gua mengajak pengunjung seolah berada di dunia lain.

Kalisuci merupakan ujung segmen sistem sungai terbuka jirak dengan luas DAS mencapai lebih dari 30 km2, dimana outlet dari sistem sungai terbuka tersebut masuk ke dalam perut bumi di Gua Kalisuci dan muncul ke permukaan lagi di Pantai Baron.

Lokasinya yang berada di zona transisi Ledokan Wonosari menuju perbukitan Karst Gunungsewu menampilkan begitu banyak bentuk lahan tipikal Karst yang luar biasa, di antaranya Perbukitan Kerucut, Lembah Buta, Doline, Colapse Doline dan beberapa fenomena alam.

Kilauan cahaya surga Gua Grubug, eksotisme vegetasi purba Luweng Jomblang, romantisme senja Telaga Jonge menjadi paket komplet mengunjungi daerah ini.


Tribun Jogja/Gaya Lufityanti

Tidak seperti gua pada umumnya, Gua Kalisuci dialiri air hingga mencapai kedalaman 2,5 meter.

Kedalaman air inilah yang mengharuskan pengunjung untuk mengenakan ban yang cukup besar beserta peralatan pelindung.

Sementara peralatan pelindung seperti helm, jaket pelampung dan body protector dapat menghindarkan pengunjung dari batu-batu besar, aliran air deras dan jeram.

Stalaktik

Air yang mengaliri Gua Kalisuci berasal dari air banjir kiriman di Semanu, Karangmojo dan Ponjong. Air tersebut masih menyisakan ruang-ruang dimana pengunjung bisa menyaksikan keindahan stalaktit, stalakmit, draperi, mikro gordam, sodastro yang berada di dalam Gua.

Pengunjung juga dapat merasakan kehadiran habitat-habitat asli Gua ini, semisal kelelawar buah, burung, ikan, kepiting dan udang.

Memiliki panjang sekitar 700 meter, pengunjung diajak memasuki enam Gua selama kurang lebih dua jam.

Enam Gua tersebut di antaranya Gua Kalisuci sepanjang sekitar 150 meter, Gua Vertikal Gelatik sekitar 150 meter, Gua Horisontal Gelatik sekitar 100 meter, serta Gua Vertikal Gelung sekitar 300 meter.


Tribun Jogja/Gaya Lufityanti
Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved