Pemkot Jamas Tombak Pusaka Pemberian Sri Sultan

Ritual jamasan dimulai dengan mengeluarkan pusaka Tombak Kyai Wijoyo Mukti dari ruang penyimpanan yang berada di ruang kerja wali kota

Pemkot Jamas Tombak Pusaka Pemberian Sri Sultan
Dok pri
Para abdi dalem melaksanakan ritual jamasan atau penyucian terhadap pusaka Tombak Kyai Wijoyo Mukti 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ada yang tampak berbeda di halaman air mancur Balaikota Yogyakarta, Jumat (6/11/2015).

Sejumlah abdi dalem Keraton Yogyakarta, lengkap berbusana surjan sambil mengenakan belangkon, telaten menyiramkan air dan ubo rampe, menyucikan tombak pusaka.

Usut punya usut, ternyata para abdi dalem tersebut sedang melaksanakan ritual jamasan atau penyucian terhadap pusaka Tombak Kyai Wijoyo Mukti, yang tak lain merupakan pusaka pemberian Sultan Hamengkubuwana X kepada Pemerintah Kota Yogyakarta.

Ritual jamasan pusaka tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta Hadi Mochtar yang mewakili Walikota Yogyakarta,

"Jamasan pusaka tidak sekedar membersihkan dan merawat fisik benda pusaka saja, akan tetapi yang lebih penting adalah memahami segenap nilai-nilai luhur yang terkandung," ujar Hadi, Jumat (6/11/2015).

Ritual jamasan dimulai dengan mengeluarkan pusaka Tombak Kyai Wijoyo Mukti dari ruang penyimpanan yang berada di ruang kerja wali kota, kemudian diarak ke meja jamasan di sisi timur Halaman Air Mancur.

Tombak Kyai Wijoyo Mukti diletakan di atas meja yang telah disiapkan ubo rampe jamasan, diantaranya warangan (bahan kimia khusus), jeruk nipis, kawul atau serutan bambu, dan minyak cendana.

Proses penjamasan diawali dengan membuka penutup tombak.

Mata tombak diguyur menggunakan air untuk membersihkan kotoran, kemudian digosok menggunakan jeruk nipis untuk membersihkan karatan di permukaan pusaka.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved